Kerajinan Ukir Batu Bara Di Padang

0 286

Kerajinan Ukir Batu Bara Di Padang

Kota Sawah Lunto kaya akan hasil bumi dan batu bara telah menopang perekonomian masyarakat setempat. Batu bara yang berasal dari kota Sawah Lunto di eksplorasi oleh pemerintah Hindia Belanda untuk diekspor ke luar negeri.

Namun kini ditangan pekerja lokal sawah lunto, batu bara mampu dijadikan sebagai hasil karya berupa ukiran yang cantik dan eksotis. Untuk menghasilkan sebuah ukiran, jenis batubara yang dipilih tidaklah sembarangan. Perlu jenis kualitas A dan C yang bisa diolah menjadi kerajinan ukiran yang memiliki nilai jual tersebut.

Peralatan ukiran ini tidaklah sulit. Pemilik hanya perlu memastikan ukiran ini tidak terjemur matahari.
Tri, pengrajin batu bara, “Ini kerajinan ukiran dari batu bara. Harga dari 15 ribu, sampai kalau 1 harganya di atas 1,5. Ya di atas Satu Juta Lima Ratus Rupiah. Model ini 1,5, tapi kan kita mempunyai kesulitan seperti ini, ini 2,5 lah.”

“Biasanya buat oleh-oleh juga ada yah. Yang dari perusahaan ngambil, buat penelitian, atau buat ngangkat, macam-macam lah.”

Ukiran batu-bara saat ini banyak dipesan oleh konsumen yang datang dari dalam daerah, bahkan luar Sumatera Barat. Ukiran batu bara dijadikan buah tangan atau cindera mata yang menandakan pemiliknya telah menginjakkan kaki di kota Sawah Lunto.

Source http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/2018/06/tri-pengrajin-ukiran-berbahan-batu-bara.html
Comments
Loading...