Kerajinan Ukir Batu Di Jepara

0 396

Kerajinan Ukir Batu Di Jepara

Wilayah Jepara di Jawa Tengah selama ini terkenal dengan seni akan ukiran kayu. Seorang pria dari desa Ngabul, Jepara bisa berkreasi dengan menggunakan batu tanpa meninggalkan ciri khas kota Jepara sebagai kota ukir.

Batu alam padas ternyata bisa diukir menjadi berbagai barang seni nan indah. Tanpa meninggalkan ragam ukiran khas dari nenek moyang, Roni Rohani berani berkreasi dengan melihat potensi seni ukir pada batu yang belum banyak diekspor oleh seniman lainnya di Jepara, Jawa Tengah.

Padahal ukiran batu masuk ke Jepara berbarengan dengan seni ukir kayu. Roni Rohani, Perajin Seni Ukir Batu, “Terus saya punya pikiran, suatu saat kelak saya harus punya usaha yang beda dan enggak meninggalkan pesan moyang. Istilahnya seni patung itu kan istilahnya andalan untuk khas no wong Jeporo yoh. Ukir kayu, tapi kan ukir batu itu sendiri kan belum banyak yang mau.”

Di galeri warung watu art milik nya, proses kreatif di lakukan. Menurutnya batu lebih mudah untuk dipahat dibanding diukir, karena tidak memiliki serat seperti kayu. Berbagai motif sesuai imajinasi pun bisa mudah dipahat dari berbagai sisi.

Untuk dapat menyelesaikan relief 3 dimensi dengan ukuran 1 x 1 meter, dibutuhkan waktu antara 3 hingga 10 hari, tergantung dari tingkat kesulitan, tema, dan ketebalan batu. Harganya pun bervariasi, mulai dari 1,5 hingga 3 juta rupiah.

Untuk mini releif harganya pun lebih terjangkau dan ini berkisar 50 ribu hingga 700 ribu rupiah. Kini seni ukiran batu kreasinya banjir pesanan dari luar daerah, seperti Kudus, Medan, Palu, bahkan Papua. Selain daerah-daerah di tanah air, seni ukirnya juga sudah menarik konsumen luar negeri. Mulai dari Malaysia, Singapura, hingga Italia.

Source http://warga-desa-worlds.blogspot.co.id http://warga-desa-worlds.blogspot.co.id/2017/12/roni-rohani-perajin-seni-ukir-batu-dari.html
Comments
Loading...