Kerajinan Ukir Kayu Di Desa Adinuso

0 170

Kerajinan Ukir Kayu Di Desa Adinuso

Tim KKN II Undip yang bertempat di Desa Adinuso, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang melakukan survei pada kerajinan ukir kayu. Dalam kegiatan survei tersebut kami mendapatkan banyak informasi mengenai potensi kerajinan ukir. Kerajinan ukir tersebut merupakan salah satu kerajinan yang ada di Desa Adinso yang sudah mampu bersaing dalam skala regional maupun nasional.

Bahan baku yang digunakan pada kerajinan ukir yaitu kayu jati, dapat berasal dari sisa produksi meubel atau kayu gelondongan. Hasil kerajinan ukir dapat berupa asbak, patung dengan berbagai bentuk, meubel, dan lain sebagainya. Namun potensi kerajinan ukir di Desa Adinuso kurang dapat berkembang dengan baik karena kurangnya keterampilan, minat dan sumber daya manusia yang terbatas. Selain itu, kurangnya dukungan dari dinas terkait dan minimnya modal dalam mengembangkan potensi kerajinan ukir.

Oleh karena itu, Tim KKN II Undip 2018 berencana untuk mengembangkan kerajinan ukir di Desa Adinuso melalui penyuluhan, pelatihan dan pembimbingan. Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya UMKM bagi penghasilan keluarga dan sebagai penopang perekonomian desa. Kemudian, rangkaian selanjutnya yaitu pelatihan kerajinan ukir bagi masyarakat Desa Adinuso.

Source http://kkn.undip.ac.id/?p=52946 http://kkn.undip.ac.id/?p=52946
Comments
Loading...