Kerajinan Ukir Kayu Macan Kurung Di Jepara

0 188

Kerajinan Ukir Kayu Macan Kurung Di Jepara

Jepara dan ukir seolah tak bisa dipisahkan. Furniture maupun pelengkap interior rumah bernilai seni tinggi dihasilkan setiap hari dari tangan-tangan para perajin yang ada. Satu di antaranya, perajin di Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara.

Memasuki kawasan desa yang menyandang status Desa Wisata Industri Kreatif tersebut, kita akan disambut showroom yang memajang beragam patung dan seni pahat hasil kerajinan warga. Dari yang berukuran mini hingga tinggi sekitar 2,5 meter. Bentuknya pun beragam, ada patung hewan, kaligrafi, serta souvenir yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Jeri tak hanya melayani permintaan pembeli yang datang ke showroom di depan rumah. Dia juga melayani pemesanan dari beragam derah. Di antaranya, Jakarta, Surabaya, Bandung, sejumlah kota dan kabupaten di Pulau Sumatera dan Papua. “Biasanya, pemesan membeli untuk dijual lagi. Tapi, ada juga yang dipakai menghiasi rumah pribadi,” imbuh dia.

Mayoritas, perajin di kawasan ini membuat patung binatang. Kuda, burung elang, serta ikan, paling banyak dipesan pembeli. Bahkan, patung maupun pahat ini dibuat untuk memenuhi permintaan pasar di luar negeri. Misalnya, Taiwan, Cina, India, Arab juga Inggris. Anda bisa melihat langsung atau menunggui selama proses pembuatan berlangsung. “Kami melayani bentuk jadi, setengah jadi atau belum difinishing,” kata pemilik Sanggar Jadi Mulyo, Wagisan.

Biasanya, perajin menggunakan kayu trembesi dan mahoni sebagai bahan utama. Namun, mereka juga melayani pembuatan patung dan karya pahat menggunakan kayu jati. Untuk kayu jati berdiameter kecil, perajin bisa mengupayakan. Hanya saja, untuk lingkar pohon besar, mereka lebih senang pemesan yang membawa kayu. Ini terkait ribetnya pengurusan surat-surat kayu jati yang akan dipahat.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2015/07/28/macan-kurung-karya-langka-perajin-di-desa-mulyoharjo-jepara
Comments
Loading...