Kerajinan Ukiran Batu Akik Di Jakarta Selatan

0 147

Kerajinan Ukiran Batu Akik Di Jakarta Selatan

Dalam mengerjakan proses pengukiran batu akik, Kang Thoriq melakukan beberapa teknik dan cara-cara tertentu. Langkah tersebut merupakan tahapan ketika mengukir batu-batuan ala Kang Thoriq.

“Basic-nya sama seperti carving, cuma ini mediumnya batu. Tetap saja kalau soal cara-caranya,” ungkap Thoriq ketika ditemui di kawasan Jakarta Selatan.

Namun, pria yang juga aktif berkecimpung di olahraga ekstrem lempar pisau ini juga menegaskan, hal tersebut kembali ke kemampuan dari sang seniman. “Ya, (tergantung) tangan dan pengalaman si seniman. Ditambah sama idenya yang orisinil karena ngukir batu ini nggak ada ilmu pastinya. Video pengrajin batu di Tiongkok saja nggak dijelasin detail,” katanya.

Langkah awal yang dilakukan adalah memilih batu yang akan diukir. Jika batu sudah disiapkan maka tinggal karakter yang akan dibuat.

“Menyesuaikan dari batu dan nggak usah bikin sketsa. Sudah ada di kepala,” ucapnya sembari tertawa. Tahap pembuatannya sendiri mencapai satu minggu pengukiran dan satu minggu lagi untuk membuatnya menjadi kilap. Serta memasang ke ikatan batu cincin.

Ke depannya, setelah menyiapkan koleksi batu akik untuk berpameran di akhir tahun, Kang Thoriq menjanjikan segera membuka bisnisnya. “Ini pasti balik dan menguntungkan, cuma ya langkahnya harus pelan-pelan sembari belajar,” ujarnya.

Source https://hot.detik.com https://hot.detik.com/art/2951230/mengukir-batu-akik-kang-thoriq-punya-teknik-rahasia
Comments
Loading...