Kerajinan Ukiran Di Jayapura

0 237

Kerajinan Ukiran Di Jayapura

Hasil ukiran asal Papua sangat dikenal di berbagai daerah bahkan sudah ada di Negara-negara Eropa. Hanya saja, pengrajin ukiran asal Papua masih kurang perhatian dari Pemerintah di Papua. Hal itu disampaikan oleh salah satu pengrajin asal Kabupaten Wamena, Alex Walilo.

Ia mengatakan hasil ukirannya saat ini sudah sampai ditangan Presiden Joko Widodo, dan bulan kemarin ikut menampilkan hasil ukirannya pada kegiatan Harganas di dilapangan Sunburst, BSD City, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel).

“Kami punya banyak kerajinan seni, begitupun dengan daerah lain, inilah kebudayaan kita yang harus terus kita jaga dan majukan,” kata Alex

Hasil ukirannya seperti aneka patung ukiran kayu, Koteka, Rompi Noken (anyaman dari rotan) sudah sampai di tingkat nasional, hanya saja perhatian dari pemerintah dirasa masih kurang. Alex Walilo juga mengucapkan terima kasih kepada Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Elia Loupatty yang empat tahun lalu membantunya dengan modal untuk mengembangkan potensinya.

‘’Saya tidak ada modal, dan perhatian dari Pemkab Jayawijaya tidak ada perhatian, sehingga saya langsung ke Provinsi,’’ ucapnya Alex Walilo yang telah menekuni pengrajin ukiran sejak tahun 1971 itu.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Elia Loupatty yang dimintai komentarnya, mengaku beberapa tahun lalu, Alex Walilo datang dan bicara soal hasil karya denganya. Dalam pembicaran itu, saya melihat Pa Alex agak kecewa karena tidak punya modal, dan saya melihat dirinya punya potensi, sehingga saya membantunya  modal. Dari modal tersebut dimanfaatkan dengan baik, dan hasil karyanya bisa dikenal dan bahkan sudah sampai di tangan Presiden Joko Widodo.

Oleh karena itu, saya harapkan kedepan ada alex Walilo yang lain bisa muncul untuk perkenalkan hasil-hasil karya ukirannya, karena kita tahu hasil seni dan budaya Papua sangat banyak. “Saya harapkan Pemkab dan instansi terkait kedepan bisa memberikan pembinaan dengan baik, karena pengrajin Papua ini lahir secara alamia mereka sudah terbentuk sejak masih kecil, dan kalau kita terus mendorong, tentu mereka akan sukses,’’ harapnya.

Source https://www.pasificpos.com https://www.pasificpos.com/item/3499-potensi-pengrajin-ukiran-papua-perlu-perhatian-pemerintah
Comments
Loading...