Kerajinan Ukiran Kayu Di Desa Pandai Sikek

0 439

Kerajinan Ukiran Kayu Di Desa Pandai Sikek

Desa Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar adalah sebuah tempat wisata di Sumatera Barat yang terkenal dengan kerajinan ukiran kayunya. Desa Pandai Sikek berada di Provinsi Sumatera Barat dan sangat cocok dijadikan tempat wisata untuk berburu oleh-oleh. Oleh-oleh yang bisa dibawa pulang bukan berupa makanan, melainkan kerajinan kayu khas Sumatera Barat. Desa ini memang sangat terkenal dengan jenis kerajinan ini karena memiliki sisi keindahan yang berbeda dengan kerajinan dari daerah lain.

Kerajinan Ukiran Kayu

Selain songket, lokasi wisata padang panjang yang satu ini juga menyuguhkan keindahan lain yang berupa kerajinan kayu desa pandai sikek. Berbagai benuk ukiran dikerjakan oleh penduduk sekitar Desa Pandai Sikek. Kayu-kayu yang diukir tadi biasanya digunakan sebagai dinding untuk rumah gadang. Sama seperti songket, bentuk ukiran dari kerajinan kayu ini juga masih bertemakan tentang alam.

Bagi para wisatawan, kerajinan kayu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh karena sebagian pengrajin slah satunya Ibu Enni, membuat ukiran kayu ini dalam bentuk cindera mata. Sehingga wisatawan tetap bisa menikmati keindahan ukiran kayu yang merupakan ciri khas dari Sumatera Barat. Baik songket maupun kerajinan kayu, menjadi roda penggerak kehidupan ekonomi masyarakat setempat.

Jadi, bagi anda yang ingin membeli atau sekedar melihat-lihat kerajinan songket dan ukiran kayu khas Sumatera Barat, anda bisa lansung mendatangi tempat wisata Desa Pandai Sikek. Selain membeli oleh-oleh, sekaligis anda juga bisa mempelajari ciri khas dan budaya Sumatra Barat sehingga bisa menambah ilmu pengetahuan.

Source http://www.pelangiholiday.com http://www.pelangiholiday.com/2013/09/songket-dan-kerajinan-kayu-dari-desa.html
Comments
Loading...