Kerajinan Ukiran Kayu Karya Difabel Di Kediri

0 142

Kerajinan Ukiran Kayu Karya Difabel Di Kediri

Mohammad Sugianto, warga Desa Pehkulon, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini memang tidak memiliki kondisi fisik yang sempurna, layaknya orang normal. Hal ini lantaran kakinya mengalami cacat, hingga akhirnya memakai kaki palsu demi menunjang aktivitas sehari-hari.

Namun, keterbatasan fisik pria yang akrab disapa Mohak ini, bukanlah penghalang dalam menghasilkan beragam karya fantastis. Bahkan, dari sosok yang sederhana itu pihaknya memiliki semangat pantang menyerah untuk membuat karya apik dari bahan baku kayu.

“Saya memulainya dari Jepara. Dulu sempat belajar mengukir kayu, dan setelah bisa maka saya kembali ke sini,” kata Mohammad Sugianto, pengrajin ukiran kayu, di Kabupaten Kediri.

Usaha ukiran kayu ini, jelas dia, dirintisnya sejak 8 tahun lalu dengan penuh kerja keras. Apalagi, pasca berlatih mengukir kayu di Jepara, Jawa Tengah, pihaknya melihat ada peluang di Kediri.

Akhirnya, Sugianto pun kembali ke Kediri dan membuka usaha ukiran kayu di rumah. Dengan dibantu lima orang tenaga kerja, pesanan dari para konsumen mampu dikerjakan dengan baik.

“Bahkan, saya memiliki komitmen untuk menyelesaikan pesanan tepat pada waktunya, sehingga konsumen puas dan memesan lagi,” ulasnya.

Sampai sekarang, berkah keuletan dan ketekunan dia juga menuai perhatian lebih dari Pemerintah Kabupaten Kediri. Tepatnya, saat Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno bersama jajarannya mendatangi rumah Sugianto.

Saat itu, Haryanti Sutrisno, selaku Bupati Kediri menyampaikan, pemerintah akan selalu mendukung para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kediri. Bentuk dukungannya adalah dengan memberi pelatihan agar produk yang dihasilkan semakin bagus dan berkualitas.

“Kami akan membantu dalam bidang promosi dan pemasarannya agar lebih laku dan dikenal oleh masyarakat luas,” katanya.

Ditambahkan oleh Sugianto, hingga kini hasil kerajinan ukiran kayu kreasinya makin meluas ke sejumlah daerah. Bahkan tak hanya di sekitar Kediri, Tulungagung, dan Blitar. Namun juga telah diserap oleh pasar ukiran kayu di Tangerang.

Selama ini, mayoritas pesanan para konsumen tak hanya berupa ukiran biasa. Tapi juga hiasan kaligrafi yang sangat halus. Bahkan dari sisi pengerjaan, dilakukan dengan sangat cepat dan tergantung ukuran serta tingkat kesulitannya.

Source https://www.sureplus.id/ https://www.sureplus.id/2018/04/20/sugianto-pria-berkebutuhan-khusus-dengan-karya-fantastis/
Comments
Loading...