Kerajinan Ulos Di Asahan Tembus Pasar ASEAN

0 186

Kerajinan Ulos Di Asahan Tembus Pasar ASEAN

Kearifan lokal karya budaya seni khas daerah Asahan mulai digali, salah satunya lewat pengrajin tenun ulos. Melalui dinas Ketanagakerjaan Kabupaten Asahan digelar pelatihan khusus sekaligus penyerahan bantuan agar kerajinan hasil tenun ulos ini semakin berkualitas hingga bersaing menembus pasar Asean.

“Kerajinan seni tenun ulos Asahan ini harus tetap dipertahankan. Mereka dilatih dan diberikan bantuan berupa alat tenun dengan harapan dapat terus mewariskan kerajinan seni ini untuk generasi yang akan datang,” kata salah satu perajin Dewi Safitri.

Untuk itu kata dia, usaha Pemerintah Kabupaten Asahan dalam mempertahankan warisan kerajinan ulos ini Dinas Ketenagakerjaan telah membentuk pemusatan kerajinan di Kelurahan Sentang, Kecamatan Kota Kisaran Timur.

Lebih jauh pemusatan itu diharapkan dapat menumbuhkembangkan petenun ulos di Kabupaten Asahan sehingga hasil tenunan ulos tersebut nantinya dapat menjadi salah satu kerajinan khas Kabupaten Asahan menggantikan kerajinan kain songket yang dahulu merupakan ciri khas Kabupaten Asahan sebelum terbentuknya Kabupaten Batubara. Bukan suatu hal yang mustahil kerajinan ulos Asahan ini dapat menembus pasar Asean.

“Dengan perhatian ini juga dapat menggiatkan kembali sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Jaya Prana meminta kepada para petenun dapat mengembangkan kerajinan ulos di Kabupaten Asahan, baik dalam segi warna ataupun motif sehingga dapat lebih diterima oleh masyarakat luas dan pada akhirnya bisa menjadi icon Kabupaten Asahan.

Source https://www.metroasahan.com https://www.metroasahan.com/news/2017/04/25/14792/ulos-asahan-siap-tembus-pasar-asean/
Comments
Loading...