Kerajinan Umbul-umbul Di Kediri

0 475

Kerajinan Umbul-umbul Di Kediri

Cara menjajakan dagangan umbul-umbul ini tergolong menarik, dengan membentangkan bendera merah putih di antara pohon di pinggir jalan, sementara umbul-umbul berbagai motif dan warna ditata sedemikian rupa. Semakin menarik ketika diterpa angin kencang di musim kemarau ini. Termasuk Radi penjual sekaligus perajin yang mangkal di jalan PK Bangsa di sekitar stadion Brawijaya Kota Kediri ini. Radi mengaku keuntungan jualan umbul-umbul di Kediri cukup lumayan, bahkan dia sudah melakoninya 4 tahun.

Maraknya penjual bendera dan umbul-umbul ini, membuat suasana menjelang peringatan HUT RI atau tujuh belasan semakin terasa. Kehadiran penjual bendera ini, rutin dilakukan setiap tahun, bahkan sudah sejak 2009 lalu lalu. Mereka berjualan di Kediri secara musiman. Barang dagangan di pasok dari bos pengrajin bendera dan umbul-umbul dari Bandung dan mereka hanya menjual saja. Sedangkan biaya kos ditanggung bosnya, untuk makan biaya sendiri dari keuntungan jualan.

Harga umbul-umbul bervariasi antara Rp 30 sampai Rp 40 ribu per lembar, sedangkan bendera merah putih harganya antara Rp 20 hingga Rp 25 ribu per lembar, tergantung ukuran dan bahan kainnya. Ada yang terbuat dari kain tetron ada juga yang terbuat dari kain satin. Motifnya beragam, ada umbul umbul kantor, model gergaji, kipas  dan umbul background. Dalam sebulan jualan, Dian mengambil untung hingga Rp 1 juta.

Setiap satu lembar dagangannya Dian  mengambil untung sekitar Rp 5 ribu. Keuntungan itu, di luar harga yang sudah ditetapkan dari bosnya. Dipilihnya Kediri sebagai lokasi berjualan karena menurutnya lebih aman dan nyaman. Jika jualan di Bandung sering dirazia  satpol PP setempat.

Source http://www.andikafm.com http://www.andikafm.com/news/detail/3780/12/penjual-umbul-umbul-musiman-di-kediri
Comments
Loading...