Kerajinan Unik “Bunga Hias Kulit Jagung” Surabaya

0 533

Siapa sangka kulit jagung yang bagi kebanyakan orang hanya menjadi benda sisa tak bermanfaat, dapat disulap menjadi bunga-bunga cantik bernilai yang peminatnya hingga ke manca negara. Pasar ekspor bahkan terbuka lebar bagi benda unik hasil kreasi anak bangsa ini.

Nina Kartika yang meneruskan usaha milik ibunya sebagai penjual bunga-bunga hias cantik yang terbuat dari kulit jagung yang diberi nama Innovart Cornhusk Flower. Sebelumnya bunga-bunga cantik ini dikerjakan secara manual namun karena permintaan yang meningkat saat ini dikerjakan dengan mesin juga. Bunga dari kulit jagung miliknya ini sudah mampu di ekspor ke berbagai negara mulai dari Amerika, Eropa, Jepang hingga Arab.

Bunga-bunga dari kulit jagung ini mampu bertahan hingga 20 tahun. Produksi bunga cantik ini dilakukan di Surabaya, Jawa Timur yang dilakukan oleh 25 orang karyawannya. Ia menjual bunga ini mulai dari harga Rp 10 ribu/tangkai hingga Rp 60 ribu/tangkai. Ia mengaku belakangan ini mengalami kendala karena kelangkaan kulit jagung.

Cara Membuat Kreasi dari Kulit Jagung

  • Pilih kulit jagung yang sudah dianggap cukup umur yaitu sekitar 3 bulan
  • Pilah-pilah dan pisahkan daun jagung satu persatu. Pada lembar jagung bagian pertama hingga ketiga harap dipisahkan terlebih dahulu, Karena lembaran daun tersebut merupakan bagian yang memiliki kualitas terbaik.
  • Setelah kulit jagung dipisah-pisahkan langkah selanjutnya adalah merebus kulit jagung tersebut dengan pewarna atau wantek. Untuk waktu perebusan kulit jagung tersebut kisaran satu jam. Pada saat perebusan jangan lupa untuk membolak-balik supaya warna tercampur rata. Karena tingkat perwarnaan yang baik juga akan sangat mempengaruhi nilai barang yang akan diproduksi.
  • Langkah selanjutnya silahkan tiriskan kulit jagung yang telah direbus namun jangan dijemur dibawah terik matahari karena hal tersebut dapat membuat kulit jagung gampang pecah.
  • Setelah kulit jagung ditiriskan dan telah kering langkah selanjutnya adalah menyetrika kulit tersebut dengan suhu sedang.
  • Lapiskan dua kulit jagung sebelum dipola, hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam membuat pola dan tidak mudah robek.
  • Setelah kulit jagung dilapiskan silahkan membuat pola seperti apa yang anda inginkan.
  • Kulit jagung yang selesai dipola kemudian diserut membentuk lengkung-lengkung sesuai dengan yang diinginkan.
  • Langkah terakhir yaitu merangkai bahan-bahan yang sudah disiapkan disesuaikan dengan produk yang akan dibuat.
Source Kerajinan Unik Dari Kulit Jagung Bunga Cantik dari Kulit Jagung Laris Manis Sampai Tembus Ekspor
Comments
Loading...