Kerajinan Unik Dari Ban Bekas Di Malang

0 247

Kerajinan Unik Dari Ban Bekas Di Malang

Ban bekas sepeda motor, ternyata bisa menjadi replika atau kerajinan yang sangat menarik dan unik. Bahkan ketika dijual, mungkin bisa bernilai tinggi. Ingin tahu contohnya, bisa datang langsung ke Jalan Teratai, Kelurahan Cepokomulyo, Kepanjen. Jalan masuk kampung ini, terpampang replika berbagai jenis binatang yang terbuat dari ban bekas. Mulai dari segala jenis burung, seperti burung hantu, elang, pelikan dan lainnya. Termasuk replika kalajengking, penyu, kura-kura, buaya, katak dan kadal raksasa.
Kendati terlihat sepele, namun replika ini sangat bagus. Selain menjadi pemandangan dan hiburan anak-anak, juga sering didatangi warga untuk spot selfie. Adalah Supriatna, yang membuat replika tersebut. Pria berusia 53 tahun ini, membuat replika binatang dari ban bekas motor sejak setahun lalu. Selain ban bekas, juga barang bekas yang sudah tidak terpakai. “Saya membuatnya secara otodidak. Hanya melihat gambar wujud binatang aslinya,” ungkapnya.
Setelah itu, ia aplikasikan dengan membuat replika dari ban bekas motor. Ketua RT07 di Jalan Teratai itu menerangkan, pembuatan replika binatang dari ban bekas motor ini, terinspirasi karena melihat tumpukkan sampah ban bekas di TPST Pasar Sumedang.
Kebetulan Supriatna, bekerja di TPST tersebut. Ban bekas motor itu tidak ternilai, dibandingkan dengan sampah lainnya. “Kalau sampah plastik dan kertas masih bisa dijual. Begitu juga dengan ban bekas mobil, juga bisa dibuat untuk pot bunga atau tempat sampah,” terangnya.
Dari situlah, akhirnya muncul inisiatifnya untuk membuat kerajinan dari ban bekas motor. Mulanya, ia mencoba membuat burung. Begitu terbentuk, agar terlihat bagus diberi warna cat. Ternyata hasilnya cukup bagus, dan akhirnya ia membuat beberapa lagi untuk ditaruh di TPST Sumedang. Tetapi karena saat ditaruh di TPST tidak bisa dilihat oleh masyarakat, akhirnya mencoba dibuat hiasan di depan rumah dan perkampungan. “Ketika saya pasang di kampung untuk hiasan, ternyata respon masyarakat bagus. Anak-anak senang, karena selain hiburan juga sebagai edukasinya,” jelasnya.
Source https://malang-post.com https://malang-post.com/berita/malang-raya/ketua-rt-sulap-ban-bekas-jadi-kerajinan-unik
Comments
Loading...