Kerajinan Unik Dari Tulang Ikan Paus Di Lembata

0 521

Kerajinan Unik Dari Tulang Ikan Paus Di Lembata

Desa Bluwa, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur dikenal memiliki tradisi unik yaitu berburu ikan paus. Tradisi yang sudah diwariskan turun temurun ini adanya di Lamalera. Beberapa kerajinan tangan yang dihasilkan seperti gelang, cincin, anting, tongkat komando, pipa rokok dan tusuk konde serta berapa kerajinan lainnya.

Menurut Ketua Kelompok Kosuma Lewoleba, Bernardus Keytimu, anggotanya sudah mengembangkan kerajinan tangan dari ikan paus tersebut sejak tahuun 2014. Awal mulanya mereka menekuni usaha tersebut setelah menerima bantuan program PNPM Mandiri. “Ketika itu ada bantuan pelatihan di program PNPM. Lalu kita berinisiatif mengajukan proposal dan akhirnya disetujui,” kata Keytimu.

Nah, tak cuma daging ikan paus yang dimanfaatkan warga. Mereka juga mengelola tulang dan gigi ikan paus menjadi kerajianan tangan. Usaha ini antara lain digeluti Kelompok Usaha Kosuma di kota Lewoleba, ibukota Kabupaten Lembata.

Pekerja dari usaha kerajinan tangan tersebut adalah asli dari warga sekitar. Bahan baku, kata dia dibeli dari Lamalera, desa tradisional yang terkenal dengan tradisi penangkapan ikan pausnya. “Di tempat yang lain, ini tidak ada. Produksi memang kami kerjakan di sini. Semua peralatan masih manual, tanpa mesin dan hasilnya seperti yang dilihat sekarang ini,” jelasnya.

Salah satu tantangan yang dihadapi kelompok ini adalah kesulitan memasarkan produk buatan tangan mereka. “Sejauh ini banyak teman-teman kelompok usaha juga mengeluh, karena jarang sekali latihan yang berdampak pada tidak ada hasil yang didapatkan karena kita kesulitan dalam memasarkan produk yang dibuat,” terangnya.

Dia berharap Pemda Lembata dalam hal ini Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan memberikan pembinaan yang baik terutama dalam hal pendanaan dan pelatihan.

“Kita ingin mencetak usahawan dan pengusaha kecil-kecilan. Makanya kita mengingikan adanya semacam pelatihan kerajinan ini, hanya mentok di pemasaran. Kalau bikin barang tidak ada pemasaran, pasti pekerjaan kita akan mentok” pungkasnya.

Source Kerajinan Unik Dari Tulang Ikan Paus Di Lembata Kerajinan Unik Dari Tulang Ikan Paus Di Lembata
Comments
Loading...