Kerajinan Unik “Lilin Hias” Solo

0 468

Kerajinan Lilin fleksibel dibentuk apapun, termasuk patung hiasan hingga untuk aroma terapi. Pembuatan aneka lilin hias semacam itu menjadi usaha kreatif warga Gabutan RT 003/RW 008, Joyosuran, Pasar Kliwon, Solo, yaitu Eki Puji Lestari.

Kerajinan Lilin yang di produksinya menyerupai minuman segar yang disajikan di workshop usaha kreatif Eki Puji Lestari dengan warna yang begitu ngejreng. Seakan, minuman tersebut menggoda siapa saja untuk meminumnya. Lilin dicetak sedemikian rupa supaya mirip aneka minuman dan makanan yang menggoda selera. Perempuan tersebut memproduksi bermacam lilin hias di kediamannya yang diberi nama Griya Lilin Solo.

Umumnya lilin digunakan untuk membantu pencahayaan saat ruangan gelap. Kini, fungsi lilin tidak hanya sebatas penerangan. Tetapi juga memiliki manfaat lain seperti untuk hiasan hingga bahan relaksasi.

Bukan hanya patung lilin hiasan, Eki juga memproduksi lilin dengan aroma terapi. Menurutnya, beberapa lilin dicampuri dengan minyak esensial supaya memiliki aroma khas saat dibakar. Aroma terapi yang dia buat di antaranya teh hijau, melati, mawar, apel, bunga-bungaan, dan minyak kayu putih. Aroma terapi ini dipercaya bisa menghilangkan penat dan relaksasi bagi siapapun yang menghirupnya.

Cara Pembuatan
  1. Iris iris bahan lilin. Dengan mengiris- ngiris lilin menjadi bagiak kecil maka akan semakin cepat lilin tersebut untu meleleh, sekaligus memastikan bahan lilin tersebut dapat mencair secara bersamaan.
  2. Isi panci besar dengan air. pastikan panci besar tersebut dapat menampung wadah atau panci yang lebih kecil untuk melelehkan lilinnya. Jangan melelehkan lilin langsung dengan satu panci.
  3. Mencairkan bahan lilin. Nyalakan kompor atau sumber panas sampai air yang berada dalam panci besar mendidih. Air mendidih itu akan melelehkan  bahan lilin secara perlahan. Agar lebih cepat mencair kamu bisa mengaduk- aduknya menggunakan kayu pengaduk.
  4. Tambahkan wewagian. Pilihan wewangiannya terserah Kamu. Wewangian seperti minyak esensial dapat Kamu beli di toko bahan kerajinan terdekat. Sebelum mencampurkan wewangian terebut kamu harus mengecek terlebih dahulu petunjuk pemakaian dalam botol wewangian tersebut.
  5. Tambahkan zat pewarna. Zat pewarna yang dipakai adalah yang berbahan dasar minyak( bisa di beli di tok kerajinan, bangunan atau kimia) jangan menggunakan zat pewarna untuk makanan karena zat tersebut terbuat dari air dan  tidak cocok dengan lilin.
  6. Siapkan cetakan lilin. Selain gelas yang tadi sudah Kita sarankan, Kamu juga bisa memakai toples kaca kecil, cangkir teh bekas atau wadah apapun yang memang tahan akan panas. Letakan wadah cetakan diatas permukaan yang datar.
  7. Jepit sumbu lilin. Dengan menggunakan jemuran baju atau apaun benda yang bisa menjepit sumbu agar dapat tertancap ditengah balutan lilin.
  8. Tuangkan lilin secra perlahan. Secara perlahan- lahan hingga hampir menutupi permukaan dari wadah yang kamu gunakan.
  9. Biarkan lilin menjadi dingin. untuk lama waktu yang diperukan sampai lilin tersebut mengeras adalah selama 24 jam, semakin lama di dinginkan maka semakin baik hasillnya.
  10. Selesai. Lilin siap untuk di jadikan hiasan untuk memperindah suasana rumah atau dijadikan sebuah peluang usaha rumahan yang menyenangkan dalam pembuatannya.
Source Kerajinan Unik Lilin Hias Cara Membuat Kerajinan Unik Lilin Warna
Comments
Loading...