Kerajinan Unik Tulang Ikan Dari Bali

0 8.710

Kawasan wisata Tampak Siring di Gianyar, Bali, selain dikenal dengan Istana Tampak Siring yang indah, juga dikenal sebagai sentra kerajinan ukir tulang. Dari tangan-tangan terampil para perajin, berbagai tema karya seni dihasilkan dari bahan tulang hewan. Benda-benda ukiran tampak cantik dipajang. Apalagi bila diamati dengan jeli, detil-detil ukiran terlihat sempurna. Memang tulang-tulang hewan tak lebih dari sampah yang patut dibuang. Namun tidak bagi Nano, perajin ukir di Tampak Siring, Gianyar. Di tangannya tulang-tulang hewan ini disulap menjadi karya seni.

Kerajinan Tulang Ikan

Kerajinan tulang ikan  yang naik daun kini memang tengah tren dikalangan wisatawan jika berkunjung ke Bali. Aneka ragam kerajinan tangan banyak dipajang di toko-toko kerajinan. Dan salah satu produk kerajinan yang sedang naik daun dan banyak disukai adalah aneka kerajinan yang terbuat dari tulang ikan.

Ide kreatif dibuatnya kerajinan dari tulang ikan ini berawal dari pengrajin yang mampir ke warung kuliner seafood. Mereka melihat banyak sekali tulang-tulang ikan bekas makan pengunjung yang berserakan. Memanfaatkan peluang tersebut mulailah para pengrajin mengumpulkan tulang-tulang ikan tersebut. Bisa dilihat sekarang banyak sekali cenderamata unik dari tulang ikan ini, ada yang dibentuk motor, gantungan kunci, aneka perhiasan seperti gelang dan kalung dan masih banyak yang lainnya.

Cara Membuat Kerajinan Tulang Ikan

Alat dan Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tangan unik dari tulang ikan banyak ditemukan disekitar kita, diantaranya : cutter, perekat, kuas, plistur, dan bahan utamanya tulang tulang ikan. Cara Pembuatannya, hanya membutuhkan kreatifitas untuk menyusun tulang tulang ikan menjadi sebuah bentuk. Sesuai dengan keinginan dan kreatifitas pembuatnya.

Source Kerajinan Unik Tulang Ikan Dari Bali Peluang Usaha Kerajinan Tangan Dari Tulang Ikan
Comments
Loading...