Kerajinan Wayang Alumunium Di Yogyakarta

0 152

Kerajinan Wayang Alumunium Di Yogyakarta

Pemilik toko pernak-pernik wayang asal Kp. Bodon 185 Rt 7 Rw 5 Jagalan Banguntapan Kotagede Yogyakarta ini mencoba menyediakannya untuk Anda. Berbekal bahan dasar alumunium dan perak, Didi mencoba merangkai bahan-bahan itu menjadi pernak-pernik yang unik dengan konsep wayang.

“Saya awalnya perajin logam, kemudian mencoba untuk bisa mendesain alumunium, lapis perak, perak buat dijadikan barang-barang ini dengan konsep wayang, tradisional. Populerin wayang juga biar nggak punah,” kata Didi perajin wayang, di Pameran Inacraft 2013, JCC.

Ia menyebutkan, bahan-bahan tadi dimodifikasi sedemikian rupa hingga menjadi barang-barang yang unik seperti bros, gantungan kunci, korek api, wayang geber, pen holder, wayang background, topeng stand, frame wayang, bingkai foto, helm, pembatas buku sampai tempelan kulkas.

Harganya dipatok di kisaran Rp 10.000 hingga Rp 1 juta. Melalui jualannya itu, Didi mampu mengantongi omzet hingga Rp 100 juta per bulan.

“Kisaran harganya Rp 10.000 sampai Rp 1 juta. Kalau pesanan minta motif khusus lebih mahal bisa sampai Rp 5-7 juta seperti koper ukir. Biasanya ramai kalau mau Lebaran. Kira-kira omzet bisa sampai Rp 100 jutaan per bulan, naik turun sih,” kata pria berumur 35 tahun ini.

Produk kerajinan yang dirintis sejak 1999 ini, tidak hanya laku di Indonesia, pernak-pernik alumunium ini mampu menembus pasar bagian selatan Italia, Eropa. “Pasar kita di Sarinah, Jakarta, Malioboro dan Bali. Kalau ekspor sudah sampai ke selatan Italia, Eropa,” kata dia.

Source http://www.fiqhislam.com http://www.fiqhislam.com/content/fiqhislam/bisnis-dan-peluang/wayang-alumunium-dan-perak-laris-hingga-ke-eropa
Comments
Loading...