Kerajinan Wayang Bambu Di Bogor

0 280

Seni Budaya di Kota Bogor sangat menarik untuk dinikmati. Salah satunya adalah Wayang Bambu kreasi dari Ki Drajat Iskandar. Wayang Bambu mirip dengan wayang golek dari Jawa Barat, namun yang menjadi pembeda dengan Wayang Golek media wayang yang terbuat dari bambu semua dan tokoh wayang yang tidak sama dengan tokoh mahabrata.

Wayang Bambu masih berada di kota Bogor di kawasan Cijahe, untuk mencapai ke tempat ini cukup mudah. Cukup dengan menggunakan Angkutan Kota 06 dari Terminal Merdeka menuju Cijahe. Dari Pertigaan Cijahe bisa menggunakan Ojek ataupun jalan kaki menuju Sanggar Wayang Bambu ini. Rumah Ki Drajat menjadi tempat berkumpul pemuda Cijahe yang tertarik dengan wayang bambu.

Ide Wayang Bambu ini berawal dari besek bambu yang sering dibuang setelah isinya di makan. Timbullah ide membuat wayang dari Bambu, dan juga bambu sangat banyak di daerah Cijahe ini. Akhirnya lama kelamaan menjadi sebuah kesenian baru yang khas dari kota Bogor. Wayang Bambu ini sudah mentas di berbagai wilayah Indonesia, bahkan luar negeri pun sudah, seperti Jepang, dan negara-negara ASEAN.

Wayang Bambu ini selain untuk pementasan, di buat juga untuk souvenir khas Bogor. Di buat dengan berbagai dimensi untuk kepentingan pariwisata. Satu buah wayang bisa selesai dalam 2 hari itupun dengan catatan Matahari bersinar dengan terang. Karena untuk pembuatan wayang ini menggunakan media lem, tidak seperti kayu yang dipahat dibentuk. Sehingga sangat membutuhkan sekali Matahari.

Source Kerajinan Wayang Bambu Di Bogor Kerajinan Wayang Bambu Di Bogor
Comments
Loading...