Kerajinan Wayang Dari Limbah Kayu Di Pati

0 218

Kerajinan Wayang Dari Limbah Kayu Di Pati

Sejumlah pemuda yang tinggal di Desa Sonorejo Dukuh Trosono Jakenan Pati Jawa tengah mampu menciptakan karya seni berupa tokoh wayang dari limbah kayu jati. Selain memanfaatkan limbah kayu yang tidak terpakai, mereka intinya mengurangi adanya pengangguran yang ada di desanya. Dengan karya yang dihasilkan mampu memberikan penghasilan yang lumayan bagi para pemuda. Karya yang yang dihasilkan bisa mencapai ribuan bentuk yang siap dikirim ke berbagai daerah. Untuk pasaran yang tinggi saat ini di Bali, Jakarta, Malang, Bandung dan Yogya.

Sedikitnya sebanyak 15.000 ribu bentuk kerajinan corak wayang diserat pasar tiap bulannya. Untuk harga antara Rp. 3.500 hingga Rp.150 ribu sesuai bentuk dan ukurannya. Bentuk kerajianan yang dihasilkan sangat menarik karena dibuat dengan kualitas dan mutu yang baik. Mereka yang tergabung dalam wadah komunitas Wong Suwung setiap hari sejak pagi hingga petang selalu bergelut dengan berbagai karya seni wayang di Salah satu padepokan yang sederhana. Selain corak wayang berbagai ragam kerajinan yang bernuansa budaya diciptakan baik bentuk gapura, senjata tradisional, pakaian adat mampu dikerjakan.

Adanya kebersamaan diantara para anggota menjadikan karya mereka semakin menarik dan mudah di serat pasar wisata. Untuk bahan baku sangat mudah didapat dari para pengrajin kayu yang tersebar di wilayah Jakenan. Salah satu penggagas Setiyo Budi mengakui jika bentuk usaha ini sebagai wujud pemuda di desanya dalam mengatasi pengangguran. Karena potensi ada serta bahan limbah melimpah pihaknya mengajak secara bersama dalam menciptakan karya seni berbentuk kerajianan wayang. Usaha ini ternyata mendapat sambutan puluhan pemuda sehingga bisa berkembang sesuai harapan. Dengan anggota sebanyak 25 orang usaha ini mampu memberikan pendapatan yang lumayan. Pihaknya berharap Pemkab Pati memberikan dukungan terhadap sarana prasarana yang serba minim saat ini.

Source http://www.berita10.com http://www.berita10.com/2015/11/limbah-kayu-jati-jadi-kerajinan-wayang/
Comments
Loading...