Kerajinan Wayang Golek Di Depok

0 283

Kerajinan Wayang Golek

Perajin Wayang Golek adalah Kusman, di Gang Musholah 3 RT. 008/RW. 021 Mekar Jaya, Depok. Perajin yang sudah lebih dari 10 tahun menekuni usaha pembuatan wayang golek. Berawal dari niatnya melestarikan dan mencintai kesenian daerah, ia membuat kerajinan asal Tanah Pasundan tersebut. Menurutnya, wayang sangat menggambarkan watak asli manusia, contohnya Bima yang kuat, jujur namun pemarah, Arjuna yang berwajah menawan dan berhati lembut dan tokoh-tokoh lainnya.

Wayang golek kreasinya memiliki kekhasan tersendiri dari wayang golek lainnya. Bukan hanya dari segi pakaian, namun dari aura atau wajah wayang-wayang yang ia buat. “Kalau orang yang mengerti wayang rata-rata menyukai aura atau wajah wayang buatan saya ini dan langsung membeli,” ungkap kusman dengan berbangga

Pada masa awal usahanya, Kusman dibantu dengan dua orang anaknya untuk bagian finishing. Barulah ketika ada banyak pesanan ia mendatangkan anak buahnya. Wayang golek kreasinya dihargai mulai dari RP30.000 sampai RP600.000. Untuk proses pembuatan satu wayang golek, ia membutuhkan waktu satu sampai lima hari kerja tergantung besar kecil ukurannya.

Source Kerajinan Wayang Golek Di Depok Kerajinan Wayang Golek Di Depok
Comments
Loading...