Kerajinan Wayang Hiasan Dari Karton Di Bojonegoro

0 200

Kerajinan Wayang Hiasan Dari Karton Di Bojonegoro

Wayang kulit merupakan kesenian asli Indonesia yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu, bahkan kesenian tersebut sudah diakui UNESCO sebagai warisan dunia. Seiring datangnya arus modernisasi kesenian tersebut kini mulai jarang di minati masyarakat terutama para generasi muda, agar tidak punah di telan zaman seorang perajin wayang di Bojonegoro, Jawa Timur membuat wayang hiasan berbahan dasar karton sebagai pengganti kulit.

Seorang pria yang berprofesi sebagai perajin wayang ini berada di Desa Ngulanan, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, pria tersebut bernama Sujiman yang sudah menekuni pekerjaan sebagai perajin wayang sejak tahun 1952.

Pria 75 tahun ini mengaku. jika keahlianya membuat wayang ia peroleh d secara otodidak, selain karena kecintaanya terhadap dunia seni pewayangan sejak masih remaja.

Sejak tahun 1952 sampai saat ini, Sujiman mengaku sudah membuat ribuan wayang kulit. Para pemesan datang dari berbagai daerah, seperti Surabaya, Bandung, Makassar, Jakarta serta berbagai daerah lain di Indonesia.

Selain menerima pesanan dari para dalang ia juga menerima pesanan wayang secara retail, namun sejak tahun 2000an, pemesan wayang sudah mulai sepi, tidak seperti pada tahun 1970 hingga 1980an.

Sujiman pun mempunyai inisiatif membuat wayang sebagai hiasan dinding rumah berbahan dasar kartonn, sebagai pengganti kulit binatang sejak tahun 2010 yang lalu.

“Untuk satu jenis wayang dihargai Rp400 ribu hingga Rp1 juta, tergantung tingkat kesulitannya,” kata Sujiman. Dengan wayang hiasan ini, Sujiman berharap agar kesenian wayang tetap dicintai masyarakat, selain itu kini dirinya juga berusaha menularkan kemampuan membuat wayang kepada anak cucunya.

Source https://economy.okezone.com https://economy.okezone.com/read/2016/07/22/320/1444249/inspirasi-bisnis-perajin-buat-wayang-hiasan-dari-karton
Comments
Loading...