Kerajinan Wayang Kardus Di Kediri

0 403

Kerajinan Wayang Kardus Di Kediri

Juwito atau akrab disapa Tohok, adalah seorang perajin wayang kardus di Desa Jabon, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Dia mengaku menuai banyak berkah dan kebanjiran pesanan setelah rajin mengikuti berbagai pameran yang digelar Pemerintah Kabupaten Kediri.

“Saya menjalani usaha ini berawal dari hobi menggambar wayang kulit, meskipun dulu hanya terbuat dari kertas. Kegemaran ini telah saya lakoni sejak SMA, yakni sekitar tahun 1991,” kata perajin Wayang Kardus, Juwito, di Desa Jabon, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Ketertarikannya dengan wayang, jelas dia, karena hal itu identik dengan Budaya Jawa sehingga harus ada generasi penerus. Khususnya yang bisa membuat beragam wayang tersebut.

“Terkait bahan baku, saya memang memilih kardus dan kadang menggunakan kertas. Alasannya karena harga bahan baku ini lebih murah, sehingga saat dijual kepada konsumen harganya bisa terjangkau antara Rp 5.000 hingga Rp 25.000 per wayang,” ujarnya.

Selain itu, tambah dia, pihaknya juga berupaya mengembangkan produk dengan membuat wayang dari bahan kulit kerbau. Alhasil, banyak konsumen yang meminati karyanya tersebut walaupun harganya relatif mahal dibandingkan harga wayang kardus. Bahkan pihaknya mulai kebanjiran pesanan dari para penggemar wayang.

“Pada umumnya, konsumen wayang kulit saya ini berasal dari Nganjuk dan Kediri. Mungkin karena rumah saya berada di posisi strategis, sehingga pembeli dari dua daerah ini kerapkali datang ke sini,” katanya.

Meski wayang kulit buatannya laris manis, pihaknya tetap memproduksi wayang kardus dan kertas. Upaya ini agar anak-anak di Kediri dan sekitarnya sebagai generasi penerus bangsa, bisa ikut mengoleksi salah satu warisan leluhur asli Indonesia.

“Di sisi lain untuk memperluas pangsa pasar, saya juga berusaha menjalin sinergi dengan Pemda setempat. Salah satunya dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri,” katanya.

Dari hasil pendekatan inilah, Juwito sering diikutsertakan dalam berbagai pameran UMKM oleh Pemkab Kediri. Bahkan perlahan tapi pasti, kini pundi-pundi keuangannya pun mampu bertambah sehingga mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga di rumah.

Source https://bisniskini.com https://bisniskini.com/2017/10/27/perajin-wayang-kardus-di-kediri-kebanjiran-pesanan-pasca-rajin-ikut-pameran/
Comments
Loading...