Kerajinan Wayang Karton Di Gunungkidul

0 396

Kerajinan Wayang Karton Di Gunungkidul

Keanekaragaman kesenian di Gunungkidul seakan tidak ada habisnya. Wayang karton salah satunya. Buah karya warga ini masih tumbuh kembang. Warga masih memakainya untuk koleksi pribadi, belum diperjualbelikan. Salah satu perajin wayang dari karton yakni Pratjaya, warga Kecamatan Semanu, Gunung kidul. Dia sudah menyukai wayang sejak 1967. Pratjaya memilih karton sebagai media pembuat wayang karena mudah didapat.

“Saya membuat wayang tanpa ada pola. Saya langsung melukis di atas karton,” ungkap dia di Eks Gedung Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul, Wonosari.

Menurutnya, ia tidak menemukan kesulitan apa pun untuk membuat tokoh wayang. Pasalnya, ia mengaku sudah hafal bagaimana bentuk dan karakteristik setiap wayang. Dalam membuat wayang karton, Pratjaya menggunakan alat seadanya. Untuk memahat karton, ia menggunakan pahat dari paku. Ia memukul ujung paku hingga pipih sehingga bisa digunakan untuk memahat karton sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Perajin karton lain, Rukino menambahkan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu bentuk wayang ditentukan oleh kerumitan wayang itu sendiri. Rata-rata, ia membutuhkan waktu dua hari hingga empat hari untuk menyelesaikan satu wayang.

“Kalau saya memakai kertas karton untuk membuat wayang karena lebih mudah didapat. Saya senang dengan wayang,” imbuh dia.

Menurutnya, pembuatan wayang dari kertas karton jauh lebih sulit. Alasannya, karakteristik kertas karton lebih rapuh dibandingkan kulit sehingga harus ekstra hati-hati ketika memahat. Hasil karya mereka, menurut Rukino, masih sebatas untuk koleksi pribadi. Wayang tersebut pun belum dipasarkan sebagai suvenir. Ia dan Pratjaya pun belum pernah mementaskan wayang karton mereka. “Kalau untuk pentas, nanti cepat rusak,” imbuh dia.

Source http://www.harianjogja.com http://www.harianjogja.com/baca/2014/11/05/warga-gunungkidul-ini-kembangkan-wayang-karton-549681
Comments
Loading...