Kerajinan Wayang Kulit Sanggar Noyontoko Di Sragen

0 280

Kerajinan Wayang Kulit Sanggar Noyontoko Di Sragen

Sanggar Noyontoko yang berlamat di Kedung gayam, Tunggul, Gondang, tersebut didirikan untuk melestarikan dan pengembangan seni tradisional, terutama kesenian dan Budaya Jawa.

Saat ini, tinggal segelintir orang yang mampu membuat wayang kulit di wilayah Kecamatan Gondang. Sanggar yang diketuai Ki Budi Mudho Warsito bertahan untuk memproduksi wayang kulit dan berbagai macam wayang, alat-alat gamelan, perlengkapan gamelan,dan lainnya. Selain Ki dalang Budi, ada Ki Dalang Agung dan Ki Dalang Sudir. Mereka boleh disebut sebagai Sang Maestro tatah sungging di Gondang.

Untuk membuat satu wayang kulit, diperlukan beberapa tahapan kerja. Rata-rata satu wayang diselesaikan dalam satu hingga lima hari, tergantung tingkat kerumitan serta ukuran wayang. Sementara harga wayang juga bervariasi, mulai Rp1 juta hingga puluhan juta rupiah.

Kerajinan tatah sungging, terutama wayang kulit, adalah kerajinan yang memadukan seni dan sejarah wayang kulit. Untuk membuat wayang kulit diperlukan kemauan belajar yang tinggi, keuletan, dan rasa kecintaan tinggi dengan cerita pewayangan. Wayang kulit, sebagai salah satu warisan leluhur, khususnya dari Kedung Banteng, sebutan lain Gondang, diharapkan menjadi contoh warisan yang dijaga dan dipertahankan, demi kelangsungan keberadaan wayang kulit khususnya, dan sebagai salah satu identitas Kecamatan Gondang.

Menurut banyak sumber, bagi masyarakat Jawa masa lalu, wayang bukan hanya seni, tetapi juga sumber acuan hidup. Wayang dianggap ekspresi batiniah atau inner cultural. Wayang seperti halnya sistem metafisis dan etika lain yang bertujuan menjelaskan alam semesta.

Pertunjukan wayang dapat menjembatani jarak antara kultur istana dan tradisi rakyat. Dalang melestarikan etika, kesenian, dan sastra dalam perubahan sosio-kultural. Ia dapat mempertahankan keseimbangan antara unsur estetika, etika, peribadatan, dan hiburan,mari kita ikut melestarikan budaya adiluhung Jawa Tengah.

Source Kerajinan Wayang Kulit Sanggar Noyontoko Di Sragen Kerajinan Wayang Kulit Sanggar Noyontoko Di Sragen
Comments
Loading...