Kerajinan Wayang Limbah Karya Siswa SMK Di Banjarnegara

0 187

Kerajinan Wayang Limbah Karya Siswa SMK Di Banjarnegara

Selama ini, wayang sering dibuat dari bahan dasar kulit sapi. Makanya enggak heran kalo banyak yang menyebutnya sebagai wayang kulit. Tapi yang unik adalah bahan pembuatan wayang ini dari Limbah kertas.

Siswa SMK HKTI 2 Banjanegara, Jawa Tengah berhasil menyulap limbah kertas dari bungkus semen dan karton menjadi berbagai bentuk tokoh wayang. Tapi untuk membuatnya, dibutuhkan kesabaran dan konsentrasi. Langkah awal untuk membuat wayang, adalah membuat pola diatas karton. Setelah itu, pola tersebut ditatah dengan besi dan palu kayu hingga berlubang. Jika pola sudah terbentuk, baru kemudian diwarnai.

“Kita juga membuat beberapa tokoh wayang seperti bagong, semar, petruk. Ada juga dari tokoh pandawa seperti arjuna dan masih banyak lagi,” ujar Susi seorang siswi.

Kegiatan membuat wayang ini merupakan kegiatan ekstrakulikuler sekolah. Ini juga merupakan kegiatan yang sangat diminati oleh banyak murid baik laki-laki maupun perempuan.

Biasanya para siswa menghabiskan waktu hampir 3 minggu untuk bisa menyelesaikan satu tokoh wayang. Jika telah selesai, hasil karya mereka akan dijual dengan harga yang sesuai dengan bahan dan tingkat kesulitan.

Untuk wayang yang terbuat dari limbah kertas, bisa mencapai harga jual sekitar Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu. Sedangkan untuk wayang yang terbuat dari bahan kulit, harga yang dibandrol berkisar Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu.

Source https://netz.id https://netz.id/news/2017/07/01/00316/1007300617/kreatif-siswa-smk-ciptakan-wayang-dari-limbah-kertas
Comments
Loading...