Kerajinan Wayang Potehi Khas Tionghoa Di Semarang

0 189

Kerajinan Wayang Potehi Khas Tionghoa Di Semarang

Satya Heri Chandra memilih jalannya sendiri untuk melanjutkan kesenian khas Tionghoa yakni tari barongsai. Satya sendiri merupakan cucu mendiang dari Thio Thiong Gie atau yang akrab dipanggil Teguh Chandra Irawan.

Selain barongsai, Teguh Chandra pun memang tak bisa dipisahkan dengan wayang potehi (wayang khas tionghoa). Satya adalah satu di antara keturunan Teguh Chandra yang kini terus melestarikan kesenian khas Tionghoa itu.

Lewat cerita Satya, kakeknya banyak menggarap banyak cabang kesenian khas tionghoa. Namun, ia lebih tertarik memilih seni tari barongsai untuk terus digeluti.

“Dulu, awalnya memang kenalnya potehi, tapi karena kesenian yang digarap kakek banyak, salah satunya barongsai itu. Potehi juga sudah ada Paman (Thio Haow Lie) yang meneruskannya. Bapak ke Barongsai, terus dilanjutkan saya. Jadi, masing-masing berbeda,” ujar Satya saat di bengkel las miliknya, Jalan Petudungan, Semarang.

Sudah sejak dari masa SD, Satya tertarik untuk menggeluti seni tari barongsai. Ia yang menjadi instruktur tari sejak tahun 2010, juga menggeluti usaha lain warisan kakeknya, yakni sebagai pengrajin kostum barongsai. Ia bersama ayah dan adiknya menggeluti usaha pengrajin kostum barongsai.

Jelang imlek, dia sekeluarga tentu bakal disibukkan dengan berbagai pesanan pembuatan barongsai liong atau naga. Ia bahkan mengaku tak sempat menggarap kostum miliknya sendiri yang akan dipakai pentas mendatang. Bermacam pesanan ia terima dari berbagai kota di penjuru Indonesia.

Dimana lima set kostum barongsai dan satu set liong, telah ia kirimkan ke Surabaya, Pontianak, bahkan hingga Makassar. “Malahan pesanan-pesanan sudah datang sejak tiga empat bulan lalu. Dipesan sama yang biasa ikut lomba,” tambahnya sambil melanjutkan kegiatan membuat barongsai.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2018/02/04/satya-cucu-dalang-potehi-teguh-chandra-banjir-pesanan-kerajinan-barongsai?page=2
Comments
Loading...