Kerajinan Wood Panel Di Purbalingga

0 169

Kerajinan Wood Panel Di Purbalingga

Selama ini kayu jati dikenal sebagai kayu berharga mahal. Namun kebanyakan hanya batang utama yang dimanfaatkan untuk membuat furniture. Bagian ranting hanya dijadikan kayu bakar. Namun ditangan Hendi, ranting kayu jati bisa dijadikan kerajinan wood panel yang bernilai tinggi. Purbalingga Hendi, warga Desa Majatengah, Kecamatan Kemangkon mengungkapkan, ide kerajinan wood panel dari ranting kayu jati muncul ketika dia melihat ranting kayu jati yang hanya digunakan sebagai kayu bakar. Padahal menurutnya, semua bagian kayu jati mulai dari batang utama hingga ranting memiliki serat dan tekstur yang unik.

“Agar pohon jati tumbuh tegak lurus dan bernilai tinggi, harus rajin dipangkas dahan dan rantingnya. Dahan dan ranting yang dipangkas ini hanya menjadi barang tak berharga dan menjadi kayu bakar,” jelasnya saat ditemui Radarmas di workshop kerajinan wood panel kayu jati miliknya. Namun Hendi melihat sebuah peluang usaha kerajinan bernilai tinggi dari dahan dan ranting yang dibuang. “Dari rantingnya bisa untuk mempercantik ruangan,” katanya. Ditangan pria kreatif ini, ranting jati berukuran satu hingga empat centimeter diolah lagi.

Setelah dikupas dan dijemur, ranting dipotong-potong sekitar dua centimeter. Potongan ini kemudian dihaluskan dengan amplas. Hasilnya lalu ditempel di sebuah panel dari kayu triplek berbentuk empat persegi panjang. “Dalam proses penempelan harus menyesuaikan diameter ranting, agar hasilnya tertutup rapat. Juga digunakan lem khusus agar awet,” tambahnya. Selanjutnya wood panel dari ranting jati difinishing menggunakan serundeng atau parutan kelapa yang disangrai. “Serundeng ini menjadikan hasil akhir wood panel lebih mengkilap. Serta memunculkan serat kayu dan memperlihatkan kesan alami dari wood panel,” tuturnya. Kerajinan wood panel ranting kayu jati buatannya sudah banyak yang berminat. Terbukti dengan tingginya permintaan wood panel. Nilai jualnya juga cukup tinggi, harga satu unit wood panel ranting kayu jati mencapai Rp 2 juta.

Source http://radarbanyumas.co.id http://radarbanyumas.co.id/kerajinan-wood-panel-ranting-kayu-jati-dari-desa-majatengah/
Comments
Loading...