Kerajnan Kreatif Karya Siswa SMKN Masjid Raya Di Aceh

0 227

Kerajnan Kreatif Karya Siswa SMKN Masjid Raya Di Aceh

Wakil Ketua Dekranasda Aceh Dyah Erti Idawati, mengapresiasi kreativitas siswa-siswi SMKN 1 Masjid Raya sebagai pelopor pelaku industri kreatif muda. Stigma bahwa industri kreatif dan para pengrajin identik dengan kaum Nyak-nyak atau para lansia, berhasil dihapus oleh siswa-siswi SMKN 1 Masjid Raya.

“Biasanya pelaku atau pengrajin di Aceh itu para orang tua atau lanjut usia. Hari ini, siswa-siswi SMK Masjid Raya berhasil menghapus stigma itu. Siswa-siswi di sini merupakan pelopor pelaku industri kreatif muda di Aceh. Melihat kreativitas para siswa, tentu 100 persen saya dukung dan siap membantu mempromosikan hasil kerajinan para siswa dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Dekranas Aceh,” ujar Dyah Erti, dalam sambutan singkatnya sesaat sebelum meresmikan Galery Smike Creative Technopark SMK N 1 Masjid Raya, di kawasan Neuheun, Aceh Besar..

Menurut Dyah, ragam kreativitas yang ditunjukkan para siswa mulai dari produk kreatif batik, tekstil, logam, rotan dan kayu sangat sejalan dengan program Pemerintah Aceh, yaitu Aceh Kaya dan Aceh Kreatif.

“Saya yakin siswa SMKN 1 melalui galeri technopark ini mampu membawa pengaruh positif industri kreasi Aceh Besar dan Aceh secara lebih luas. Industri kreasi berkaitan dengan pengembangan industri pariwisata. Ini tentu satu kesatuan yang mampu mendongkrak potensi ekonomi Aceh ke arah yang lebih baik lagi. Inilah kelebihan yang dimiliki para siswa SMK, tentunya dengan tidak terlepas dari bimbingan para guru.”

Sementara itu Ketua Dekranasda Aceh Besar, Rahmah Abdullah berharap agar Batik tulis hasil karya siswa-siswi SMKN 1 menjadi seragam Dekranasda Aceh.

“Kami bercita-cita agar Batik tulis SMKN 1 Masjid Raya bisa menjadi salah satu seragam Dekranasda Aceh karena batik tulis masih jarang di Aceh,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMKN 1 Mesjid Raya, Zainal Abidin menyebutkan program Technopark merupakan program bantuan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan SMK, dengan tujuan untuk mengembangkan wirausaha sekolah yaitu lanjutan dari Unit Produksi dan Teaching Fictory.

“SMKN 1 Mesjid Raya ditunjuk pemerintah sebagai salah satu dari tiga SMK di Aceh sebagai pelaksana Program Techniopark bidang Industri Kreatif. Produk yang dikembangkan dalam technopark ini diantarany produk kriya kreatif batik dan tekstil, kriya kreatif kayu dan rotan, dan kriya kreatif logam dan perhiasan. Technopark sebagai kawasan terpadu pengembangan technologi yang mencakup produksi produk, pemasaran, dan inkubasi bisnis. Oleh karena itu memberi nama atau branding Technopark SMK N 1 Mesjid yaitu SMIKE Creatif,” Jelas Zainal.

Source https://rencongpost.com https://rencongpost.com/smkn-1-mesjid-raya-pelopor-pelaku-industri-kreatif-muda/
Comments
Loading...