Kerajinan Ukir Tulang Sapi Bali

0 807

Kawasan wisata Tampak Siring di Gianyar, Bali, selain dikenal dengan Istana Tampak Siring yang indah, juga dikenal sebagai sentra kerajinan ukir tulang. Dari tangan-tangan terampil para perajin, berbagai tema karya seni dihasilkan dari bahan tulang hewan. Benda-benda ukiran tampak cantik dipajang. Apalagi bila diamati dengan jeli, detil-detil ukiran terlihat sempurna. Memang tulang-tulang hewan tak lebih dari sampah yang patut dibuang. Namun tidak bagi Nano, perajin ukir di Tampak Siring, Gianyar. Di tangannya tulang-tulang hewan ini disulap menjadi karya seni.

Kerajinan Tulang Sapi

Seni ukir memang sudah tak asing bagi Nano. Sejak kecil, ia telah menggeluti kerajinan tulang sapi, karena baginya ada kepuasan tersendiri bila menghasilkan karya, dengan menampilkan detil-detil ukiran tanpa khawatir media yang digunakan rusak karena patah, atau retak.

Menurutnya, tulang sapi lebih cocok untuk dijadikan bahan dasar pembuatan kerajinan dibanding tulang hewan lainnya. Selain mudah didapatkan, tulang sapi memiliki bentuk tulang yang lebih panjang dari hewan lain. Tulang sapi  lebih kuat dan tidak mudah keropos. Berbeda dengan tulang kerbau yang berukuran lebih pendek atau tulang kuda yang mudah keropos.

Cara Membuat Kerajinan Tulang Sapi

Alat dan Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tangan ukir yang unik dari tulang sapi banyak ditemukan disekitar kita, diantaranya : cutter, perekat, kuas, plistur, dan bahan utamanya tulang tulang sapi.

Cara Pembuatannya, hanya membutuhkan kreatifitas untuk menyusun dan mengukir tulang tulang sapi menjadi sebuah bentuk. Sesuai dengan keinginan dan kreatifitas pembuatnya.

Source Kerjinan Ukir Tulang Sapi Yang Unik Ingin Pesan Kerajian dari Tulang Sapi, Datang ke Cileunyi
Comments
Loading...