Kreasi Bunga Dari Limbah Plastik Di Desa Sumber Malang

0 270

Kreasi Bunga Dari Limbah Plastik Di Desa Sumber Malang

Kantong plastik telah menjadi bagian hidup kita sehari-hari. Kantong plastik sering digunakan untuk membungkus makanan atau benda-benda lain sehingga mudah untuk dibawa. Harga kantong plastik yang murah membuat kita dengan mudah membuangnya ke tempat sampah selain karena kantong plastik tersebut yang mudah rusak dan tipis, mengabaikan bahwa plastik tersebut sebenarnya merupakan benda yang sangat sulit diuraikan oleh mikroba tanah sehingga hanya akan menjadi limbah lingkungan.

Mengingat hal tersebut, akhir-akhir ini penggunaan plastik kresek sudah mulai dikurangi dan telah banyak dibuat kantong-kantong pembungkus makanan atau kantong belanja yang ramah lingkungan. Namun, penggunaan plastik tetap saja belum sepenuhnya tergantikan. Warga Dusun Sukojati Desa Sumber Malang, Komariah menawarkan salah satu alternatif pemanfaatan kantong plastik yaitu dengan menggunakannya sebagai bahan baku pembuatan Bunga Hias Plastik.

Wanita yang mengawali kariernya di dunia usaha sejak masih duduk di bangku kelas dua SMK ini mengucapkan bahwa produk bunga hias plastik yang ia hasilnya bermacam – macam jenis. Ada yang besar, kecil, dan sedang tergantung permintaan pesanan.

“Harga yang ditawarkan juga beraneka ragam yang mana mulai dari Rp. 50 Ribu sampai dengan Rp. 120 Ribu, tergantung dengan jenis bahan dan juga ukuran yang digunakan.” ungkap Komariah

Komariah mengungkapkan bahwa bahan kerajinan tangannya itu ia dapatkan dari toko dekat rumahnya. Sedangkan untuk pelanggan yang kerap membeli produknya adalah dari teman sekolah dan tetangganya sendiri, tapi juga pernah ada pelanggan dari Jember yang tertarik dengan hasil kerajinannya dan membelinya.

Komariah melakukan semua itu lantaran ia ingin nanti ketika ia sudah lulus sekolah setidaknya tidak lantas harus sibuk mencari kerja, tinggal mengembangkan usaha yang memang sudah didapatkan dan dimilikinya. 

Source http://desasumbermalang.blogspot.co.id http://desasumbermalang.blogspot.co.id/2017/02/warga-desa-sumber-malang-sulap-plastik.html
Comments
Loading...