Kreasi Jam Tangan Tembaga Motif Batik Di Solo

0 354

Kreasi Jam Tangan Tembaga Motif Batik Di Solo

Aksesori menarik dan unik dengan kesan glamor tak melulu dibanderol dengan harga selangit. Tengok saja, kerajinan jam tangan batik berbahan tembaga hasil kreasi Adhesi Handicraft. Rumah Kerajinan binaan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Mojokerto tersebut menghadirkan jam tangan berbahan tembaga murni dengan balutan hiasan batik berkilap atau glitter.

Dituturkan pemilik Adhesi Handycraft, Yuli Astoni, ide kreatif pembuatan jam tangan tersebut berawal dari dua tahun lalu. Dirinya tertarik dengan mulai membudayanya kain motif batik yang tersohor hingga ke mancanegara. Namun di sisi lain aksesori penunjang yang menarik masih belum banyak pilihan yang tersedia.

“Kain batik memang sudah melegenda sejak lama, namun sejak dua tahun lalu mulai naik daun. Ditunjang dengan berbagai program pemerintah yang menggenjot industri ini hingga ke level dunia. Nah, dari situ saya mulai berpikir untuk membuat aksesori yang cocok dan identik dengan batik,” tuturnya.

Kerajinan yang awalnya digawangi satu orang tersebut digelontorkan dana stimulan dan difasilitasi promosi dengan cara diikutkan dalam berbagai pameran yang digelar di berbagai kota besar di Tanah Air. Saat ini kerajinan tersebut telah berkembang dengan mempekerjakan lima orang perajin.

Diakuinya, dalam seminggu griya kerajinannya mampu memproduksi jam tangan tembaga motif batik sebanyak 300 buah. Jumlah tersebut selalu habis dalam tiap pameran yang diikutinya. “Minat pengunjung sangat bagus, tiap pameran, barang yang saya bawa selalu ludes terjual. Bahkan di luar pameran pun saya sering kebanjiran order,” akunya.

Dikatakan, pesanan biasanya datang dari wilayah pulau Kalimantan, seperti Samarinda dan Balikpapan. Produk kerajinan yang dibuat dengan tangan (handmade) tanpa bantuan mesin tersebut memiliki beberapa kelebihan selain desain yang memencarkan kesan elegan.

“Jam tangan ini berbahan dasar tembaga murni, sehingga tahan karat serta lentur dan tidak mudah patah. Kemudian disepuh dengan coating untuk memunculkan warna menarik serta memberikan perlindungan bagi pemakai supaya tidak menimbulkan iritasi kulit,” jelasnya.

Langkah terakhir, ditempelkan batik glitter sebagai pemanis sekaligus memberikan ciri khusus. Dikisahkan, saat awal merintis usaha, Yuli memasarkan produknya secara door to door dengan kapasitas produksi 30 buah jam tangan dalam sehari. “Saya membuatnya, ingin menyasar segmentasi ibu-ibu, namun tidak sedikit anak muda yang tertarik membeli. Bahkan beberapa waktu terakhir, saya sering menerima masukan untuk membuat desain yang diperuntukkan bagi laki-laki,” ucapnya.

“Jam tangan yang ada sekarang, saya banderol harga Rp 50.000 hingga Rp 75.000. Saya pun tengah mendesain jam tangan khusus untuk pria dengan bahan pelat tembaga. Mayoritas yang beli dari kalangan retail. Mereka membeli untuk dijual kembali atau sebagai oleh-oleh,” imbuhnya.

Source https://joglosemar.co https://joglosemar.co/2013/10/jam-tangan-tembaga-motif-batik-kreasi-unik-indah-dan-tak-mahal.html
Comments
Loading...