Kreasi Kerajinan Akuarium Cantik Di Jember

0 374

Kreasi Kerajinan Akuarium Cantik Di Jember

Banyak pilihan cara untuk memperindah ruangan. Salah satunya memberi sudut ruangan dengan keberadaan aquarium. Efek keindahan dan juga kesegaran mata bisa didapat dari situ. Terkadang juga membuat rasa ‘gemas’ bila melihat lucu dan lincahnya ikan-ikan yang ada di dalamnya. Menikmati lalu-lalang ikan di dalam aquarium juga dipercaya sebagai terapi relaxasi mata.

Sekarang aquarium pun banyak macamnya. Aquarium dengan ikan air tawar atau ikan air laut. Dan ditambah dengan hiasan plastik, berupa rumah-rumah kecil tokoh kartun, juga tumbuh-tumbuhan. Ada juga dengan hiasan tumbuhan asli, yang biasa disebut dengan aquascape. Butuh keterampilan seni khusus tentunya untuk bisa menata tumbuh-tumbuhan ini didalam aquarium agar menjadi indah dan tetap hidup aman dari ikan-ikan yang berada di dalamnya.

“Membuat seperti ini, asyik sekali karena ada nilai seni yang tinggi, jadi terapi mata juga untuk menghilangkan penat setelah kuliah,” seperti yang dikatakan salah satu pelaku usaha aquascape di Jember, Yuan Ardiansyah.

Usaha pembuatan Aquascape yang bernama AQUATIQ AQUARIUM ini dimulai dia di tahun 2014. Sejak awal hingga sekarang tempatnya masih tetap sama, di Jalan Trunojoyo, Kaliwates, Jember. Sampai saat ini pelayanan pemesanan pun tak hanya dari kota Jember, daerah karesidenan Besuki dan kota-kota lainnya pun juga.

“Awalnya suka pelihara ikan di aquarium, lalu belajar membuat desain atau tema didalam aquarium. Desain dan jenis ikan sudah mulai dipahami, mulai mencari cari referensi lain di internet dan melihat beberapa desain aquarium menggunakan tanaman air hidup yang dinamakan aquascape, akhirnya tertarik dan mulai belajar di forum dan komunitas aquascape,“ ujarnya.

Dalam pengerjaan dan pemasarannya, AQUATIQ AQUARIUM ini tidak dilakukan oleh satu orang sendiri. Namun terdiri dari tim pembuatan/desainer aquarium, instalasi, dan pemasaran juga pengiriman. Pembuatan aquascape paling sederhana memakan waktu 30 menit. Untuk mendapatkan berbagai jenis tumbuhan dalam aquarium tersebut di dapat dari tempat budidaya tanaman di Sukowono.

Peminat yang datang memesan dari Jember maupun kota-kota lain, biasanya kalangan menengah ke atas, baik untuk hiasan pada-rumah-rumah, juga sebagai pemanis ruangan pada perkantoran. AQUATIQ AQUARIUM selama ini memasarkannya mealui offline dan online via Facebook (Yuan Ardiansyah). Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 225.000. Ada juga variasi mulai yang paling kecil, biasanyan untuk ikan cupang, ukuran 10x10x15 cm, ada juga 20x20x25 cm sampai ukuran 2 meter. Untuk masalah perawatan yang harus dilakukan oleh pemilik, sangat lah mudah yaitu penyediaan sarana dan prasarana, mengganti air seminggu sekali dan pemberian pupuk.

Source https://lokalkarya.com https://lokalkarya.com/kreatifitas-dalam-air-ala-aquatic-aquarium-jember.html
Comments
Loading...