Kreasi Kerajinan Bando Di Makassar

0 113

Kreasi Kerajinan Bando Di Makassar

Sejumlah kreasi tangan seakan tidak ada habisnya. Di Makassar terdapat salah satu kreasi tangan bando yang dirangkai dengan hiasan-hiasan bunga.

Yevi Yery merupakan pengrajin bando hiasan bunga tersebut. Ibu dari 4 anak ini mengaku baru saja mengrajin bando hias sejak Oktober lalu.
“Mulainya itu habis lebaran Idul Adha, kira-kira bulan Oktober yang lalu,” ungkap Yevi. Bahan dasar bando hias tersebut berasal dari kain flanel lalu ditempelkan bunga-hias kertas. Ide ini muncul bermula dari anaknya yang gemar mengenakan bando.
“Awalnya belum kepikiran untuk dijual, jadi pertamanya untuk anak-anak. Lama kelamaan, yahh kenapa tidak dipasarkan saja,” tuturnya.
Dalam sehari Yevi mengaku bisa membuat bando hias lima buah, namun setiap bando biasanya memiliki tingkat kesulitan masing-masing.
“Paling banyak lima tergantung dari kerumitan. Paling rumit biasa 3 hari, paling sederhana 1 hari,” urainya.
Harga satuan bando hias tersebut beragam mulai dari Rp 25-85 ribu. Yevi telah memasarkan kerajinannya melalui online shop, bahkan dirinya sudah memiliki toko di Kota Samarinda.
“Dijualnya ke online shop sama ada toko di Samarinda kita jual disana. Harga satuan mulai 25 sampai 85 ribu. Sementara kalau keuntungan yang didapat biasanya dalam sebulan sampai 3 juta,” tambahnya.
Source http://online24jam.com http://online24jam.com/2016/12/26/26222/kreasi-bando-yang-hasilkan-keuntungan-jutaan-rupiah/
Comments
Loading...