Kreasi Kerajinan Batik Motif Ayam Jago Di Jakarta

0 280

Kreasi Kerajinan Batik Motif Ayam Jago Di Jakarta

Genap setahun label Sejauh Mata Memandang atau biasa disingkat Sejauh mewarnai kancah mode Tanah Air. Mengusung konsep busana kontemporer urban berhiaskan motif-motif unik yang dibuat dengan teknik batik, Sejauh langsung mencuri perhatian. Menyusul kesuksesan koleksi perdananya yang berhiaskan motif ayam jago, Sejauh melansir koleksi bertajuk Algae yang berarti rumput laut. Koleksi ini hadir berbarengan dengan perayaan setahun label besutan Chitra Subyakto.

Bagi Chitra, sang pendiri sekaligus direktur kreatif Sejauh, inspirasi bisa datang dari mana saja bahkan ketika sedang menyantap semangkuk mie ayam. Gambar ayam yang menghiasi mangkuk ayam itulah yang menginspirasinya untuk meluncurkan koleksi perdananya. Gambar tersebut lalu ia terjemahkan menjadi motif batik yang unik pada busana karyanya. Begitu halnya dengan koleksi Algae. Insprasinya bersumber dari sebuah perjalanan udara menuju Bali. Dari dalam pesawat yang tengah melintas di atas lautan Bali, ia menyaksikan hamparan tambak rumput laut. Dilihat dari atas, tambak yang terdiri dari kumpulan bidang-bidang persegi itu membentuk motif geometris nan indah.

“Kakak iparku sempat memotretnya. Dari foto itu, aku jadikan bahan referensi bagi para perajin batik,” kata Chitra kepada Wolipop di pembukaan A.P.A. (Alternative Public Artspace) di The Goods Space, Plaza Indonesia, Jakarta.


Sama seperti koleksi sebelumnya, motif-motif pada koleksi Algae juga dihasilkan dari teknik batik tulis dan cap buah karya para perajin di Pekalongan, Yogyakarta, dan Madura. Setiap sisi kain diberi motif atau warna yang berbeda sehingga dapat memberikan tampilan yang bervariasi. Kain ini disebut ‘pagi-sore’. Koleksi ini, lanjutnya, mustahil terwujud tanpa sinergi yang baik antara dirinya sebagai dengan para perajin batik. Komunikasi yang baik menjadi kuncinya. Caranya dengan pendekatan yang lebih humanis.

Pada koleksi atasan, kain itu diikat sehingga membentuk blouse berpotongan kimono, dress bergaya one off shoulder, strapless dan halter neck. Ada juga yang hadir dalam teknik pleats atau lipit. Untuk bawahan, Sejauh banyak bermain di rok dan celana palazzo. Semuanya cocok dipakai untuk berbagai kesempatan baik formal maupun kasual.

Menggunakan pewarnaan alami, semuanya hadir dalam sapuan palet alam seperti biru indigo, merah, hitam, kuning kunyit, dan putih. Mengingat sebagian besar kain adalah batik tulis, motif yang dihasilkan tidak sepenuhnya sempurna baik dari segi ukuran maupun bentuk.

Ia berharap koleksi Algae dengan segala keunikannya dapat mengubah persepsi masyarakat bahwa kain tradisional juga bisa tampil stylish sehingga semakin banyak orang yang mengapresiasi dan menggunakannya sebagai busana sehari-hari.

Source https://wolipop.detik.com https://wolipop.detik.com/read/2015/11/27/191001/3082602/233/tambak-rumput-laut-jadi-motif-batik-koleksi-terbaru-sejauh-mata-memandang
Comments
Loading...