Kreasi Kerajinan Batik Motif Candi Rimbi Di Jombang

0 360

Kreasi Kerajinan Batik Motif Candi Rimbi Di Jombang

Belum banyak yang tahu bahwa Jombang juga punya corak batik khas. Meski sudah dipajang di Museum Batik di Pekalongan, Jawa Tengah, warga Jombang sendiri belum banyak mengerti maupun mengetahui eksistensi batik kota kelahirannya sendiri. Ketidaktahuan ini mungkin juga disebabkan motif Batik Jombangan ini baru berkembang di era pertengahan 2000-an, cukup terlambat untuk sebuah motif khas dimana kekayaan batik sudah dimiliki Indonesia sejak dulu.

Sekitar tahun 1940-an membatik banyak dilakukan wanita-wanita Jombang di desa Candimulyo, sebuah kawasan desa yang berada di timur Ringin Conthong. Kala itu, batik hasil karya Jombang belum memiliki corak yang khas. Empat tahun sebelum disahkan UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia, batik Jombangan mulai menggeliat, dan kini muncul beberapa sentra batik Jombangan yang dirintis di Desa Jatipelem dan Desa Sukorejo yang berada di Kecamatan Diwek.

Awalnya corak batik di Jombang belum memiliki kekhasan yang memang digali dari kekayaan budaya endemik Jombang sendiri. Motif-motif yang ada berkisar corak bunga melati, kuda putih, cengkeh, tapak lima, sandur, dan ringin conthong. Atas prakarsa pecinta budaya, pembatik dan Bupati Jombang kala itu, digalilah kekayaan budaya yang benar-benar asli Jombang.

Ibu Maniati, selaku pencipta gambar ini, melakukan penelusuran bersama timnya. Teringat Pak Bupati Suyanto yang sedang menjabat berasal dari Kecamatan Bareng dan disana Candi Rimbi berdiri anggun sebagai cagar budaya kebanggaan Jombang.

Motif bunga ini terpahat di dua batu yang diletakkan menghadap Candi Rimbi. Dua batu ini ditata berjajar mengapit batu yang sama namun berpahatkan Kalamakara. Dua batu ini yang mungkin dulunya merupakan bagian reruntuhan dari Candi Rimbi yang kini tersisa tinggal separuh. Akhirnya sepakatlah ditetapkan motif bunga yang ada di relief reruntuhan Candi Rimbi sebagai corak khas batik nJombangan.

Corak batik khas Kota Santri Jombang beriman ini terinspirasi dari motif bunga dalam salah satu relief yang ada di Candi Rimbi ini kemudian dikreasikan dan dimodifikasi tanpa mengubah pakem dasarnya yaitu tawang dan kaning. Corak bunga ini seperti tanda mata di tengah dengan rumbai dan juntaian daun yang memanjang di sampingnya. Juntaian daun ini mengerucut ke bawah seakan membentuk segitiga terbalik yang merupakan struktur geometris relief yang ada di Candi Rimbi.

Untuk mempopulerkan motif khas Jombang ini, Bupati Jombang mewajibkan semua pegawai negeri sipil di Kabupaten Jombang mengenakan seragam bermotif relief Candi Rimbi. Batik Jombangan ini diwarna dasar merah dengan motif berwarna hijau yang melambangkan dua warna unsur Kota Santri Jombang beriman. Setelah batik ini cukup dikenal, barulah dibuat kreasi warna lainnya.

Source http://jombangcityguide.blogspot.co.id http://jombangcityguide.blogspot.co.id/2015/07/batik-njombangan-corak-relief-candi.html
Comments
Loading...