Kreasi Kerajinan Batik Motif Mliwis Mukti Di Bojonegoro

0 271

Kreasi Kerajinan Batik Motif Mliwis Mukti Di Bojonegoro

Sebagai pengrajin batik Jonegoroan yang penuh kreatifitas, Pudji Rahayu, asal Desa Prayungan Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, memperoleh Piagan Penghargaan Pengrajin batik Jonegoroan terbaik tahun 2016.

Dalam menekuni kerajinan Batik Jonegoroan, Bu Yayuk – demikian, Pengrajin batik Jonegoroan Pudji Rahayu, biasa disapa – ini, telah menyerap tenaga kerja sebanyak 20 orang. Selain itu, pemilik Istana batik Marely Jaya itu, juga memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat pengangguran di sekitarnya dan dia juga selalu siap memberikan pelatihan membatik kepada masyarakat Bojonegoro.

Bu Yayuk yang telah memproduksi batik Sejak tahun 2009. Dengan adanya lomba terciptalah 14 motif batik dan sudah dipatenkan. Sebagai guru seni budaya di SMAN 1 Sumberrejo, Bu Yayuk membimbing siswa untuk lomba desain batik dan berhasil mendapatkan juara dengan motif batik Kayangan api. Dari 14 motif itu, kini perkembangan motif batik Jonegoroan sudah mencapai 100 motif batik.

Berprofesi sebagai pengrajin batik sekaligus ‘ownernya’, Bu Yayuk terus mengembangkan ide karyanya untuk menciptakan motif-motif batik lebih baru lagi. Kreatifitas dan kualitas kunci utama bagi dia untuk terus mengembangkan Batik Jonegoro.

Batik Motif Mliwis Mukti

Batik Bojonegoro motif Mliwis Mukti, mliwis mukti adalah jelmaan Prabu Angling Dharmo (Raja Malowopati) yang menurut legenda kerajaannya dianggap pernah ada di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Mliwis (burung belibis) jelmaan Prabu Angling Dharmo, Mukti (mulia), sehingga bermakna burung belibis yang mulia/tinggi, bukan sembarang burung belibis, karena burung belibis ini adalah jelmaan sang raja, yang dapat memotivasi masyarakat Bojonegoro untuk bekerja keras, tekun dan ulet dalam berkarya guna mencapai kemakmuran.
Source http://rakyatindependen.co.id http://rakyatindependen.co.id/pengrajin-batik-jonegoroan-pudji-sri-rahaju-raih-penghargaan-pengrajin-batik-terbaik-2016/
Comments
Loading...