Kreasi Kerajinan Batik Motif Tembakau Di Jember

0 292

Kreasi Kerajinan Batik Motif Tembakau Di Jember

Jika kita berbicara pria, maka kita tak akan jauh dari kata Rokok, Cerutu, dan bau tembakau bakar. Indonesia, adalah salah satu dengan jumlah perokok terbesar di dunia, dan sebagai salah satu negara dengan merek rokok terbanyak di dunia.

Di indonesia ada beberapa tempat penghasil bahan baku rokok, yaitu tembakau, salah satunya perajinnya adalah Mahesa dari Jember, jawa timur, daerah ini adalah penyumbang komoditas tembakau di indonesia, yaitu tembakau yang berfungsi sebagai pembungkus luar dari cerutu. Jika berjalan-jalan di pedesaan di jember, kanan-kiri akan terlihat,sawah,tapi bukannya sawah berisi padi-padian, tapi sawah berisi tembakau. bahkan sampai-sampai lambang kota jember adalah daun tembakau.

Inilah salah satu keunikan dari Jember, Batik motif tembakau, tidak seperti motif-motif batik, pada umumnya yang mengikuti pakem Batik tradisional yaitu Batik tulis sogan dari yogyakarta atau solo,batik tulis jember menggunakan motif daun tembakau,yang merupakan lambang Jember. Sama dengan motif-motif batik dari daerah lainya, yang penuh corak, batik jember juga dipenuhi corak, dengan daun tembakau. Motif batik ini memang bukan motif batik standard yang merupakan batik kreasi, dan tidak pernah di ajarkan turun temurun, oleh pengrajin batik, tapi sejak zaman dahulu, motif batik tembakau adalah motif batik ciri khas Jember, selain itu karena pamornya masih kalah oleh batik pekalongan,batik yogyakarta, atau batik madura, batik ini jarang dikenal oleh masyarakat.

Harga Batik motif tembakau ini lumayan terjangkau, harga baju batik cap antara 50-80 ribu perpotong, sedangkan harga baju batik tulis berkisar 85-150 rb. untuk kain batiknya sendiri yang berbahan dari sutra berkisar berharga 250 ribu.

Sejak batik ditetapkan sebagai Warisan budaya indonesia oleh UNESCO. Di kota jember Kini sudah banyak tersedia, gerai-gerai batik, selain itu anda dapat langsung membeli kepengrajinnya dengan harga yang lebih terjangkau yaitu di Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe, satu-satunya daerah yang tetap mempertahankan motif batik tembakau.

Source https://www.kompasiana.com https://www.kompasiana.com/hesabhirawa/batiknya-perokok-batik-motif-tembakau-batik-unik-dari-jember_550028e8a33311fb6f51007c
Comments
Loading...