Kreasi Kerajinan Batik Piala Dunia Karya Siswa SMSR Di Bantul

0 289

Kreasi Kerajinan Batik Piala Dunia Karya Siswa SMSR Di Bantul

Momentum piala dunia 2014 yang bakal digelar di Brasil, dimanfaatkan Bayu Permadi warga Pedukuhan Sembungan Desa Gulurejo Kecamatan Lendah untuk membuat batik galau piala dunia. Dari sekedar coba-coba, batiknya justru disukai banyak orang.

Siswa kelas XII Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Kasihan Bantul tersebut mampu menghasilkan 20 lembar batik piala dunia perharinya, yang perlembarnya dijual Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. “Banyak pemesan yang tertarik membeli. Saat ini batik galau piala dunia sudah sampai ke Jakarta, Surabaya, serta ke luar Jawa,”kata Bayu yang merupakan anak perajin batik tulis “Sembung” Sogirin.

Dijelaskan Bayu, batik galau yang menjadi ciri khasnya yakni motif abstrak dengan warna menyala, dan untuk piala dunia ini tinggal ditambahi segala atributnya. “Membutuhkan waktu lumayan lama untuk membuatnya, satu  batik dikerjakan hingga 10 hari, karena rumit, mulai dari bendera peserta, logo, maskot, dan lainnya. Untuk bendera harus sesuai warna aslinya sehingga membutuhkan waktu lama. Yang agak sulit lainnya adalah terkait pewarnaan dan karena harus memadukan antara warna bendera dengan motif batik. Dalam pengerjaan dibantu dengan 30 tenaga kerja,”kata pemuda pelopor yang pernah mewakili Kulonprogo ke DIY ini.

Dalam pemilihan gambar atau atribut piala dunia, tambah Bayu, diperolehnya dari internet maupun referensi lain. Setelah menemukan beberapa gambar, dituangkanlah ide kreatifnya melalui beberapa gambar. Dari gambar yang ada dikembangkan melalui pola atau motif batik, dari mulai replika piala dunia, maskot, bendera negara peserta hingga bolanya. Berbagai model ini dikemas dalam motif batik kontemporer, dan hasilnya adalah selembar kain batik dengan kreasi galau piala dunia.

Source http://www.jogja.co http://www.jogja.co/laris-batik-tulis-piala-dunia-karya-siswa-smsr/
Comments
Loading...