Kreasi Kerajinan Batok Kelapa Di Kudus

0 244

Kreasi Kerajinan Batok Kelapa Di Kudus

Semua bagia dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan. Sebut saja tempurung kelapa, selain bisa untuk bahan bakar dan arang, tempurung ini bisa disulap menjadi aneka souvenir cantik dan menarik. Di Kudus ada seorang pemuda yang berhasil mengolah tempurung kelapa menjadi suatu kerajinan tangan yang indah. Berawal dari keisengannya pada saat SMA, Tiar mengembangkan hal tersebut menjadi suatu kerajinan tangan.

Awalnya ia melihat banyak tempurung kelapa yang tidak terpakai, dibuang begitu saja menjadi sampah, dan terkadang dijual dengan murah satu karungnya. Kemudian Tiar berinisiatif minta dua tempurung kelapa lalu mengolahnya menjadi gantungan kunci. Tiar mengungkapkan alasan ia memilih usaha batok kelapa karena batok kelapa mempunyai tingkat keunikan tersendiri dari serat-seratnya.

Alasan lainnya adalah karena bahan baku ini mudah didapat. Tiar juga mengungkapkan bahwa ia melihat peluang yang menjanjikan dari limbah batok tersebut. Jika dahulu Tiar susah untuk membuat sebuah gantungan kunci, sekarang Tiar telah mahir membuatnya. Tiar bahkan bisa membuat gantungan kunci seratus gantungan dalam sehari.

Selain gantungan kunci, Tiar juga menyulap tempurung kelapa menjadi mangkuk, celengan, lukisan, gelang, cincin, lampu hias, bahkan tas yang semuanya berbahan dasar dengan tempurung kelapa. Tingkat kesulitan pesanan juga bisa mempengaruhi lama cepatnya pesanan itu selesai. Semakin sulit pesanan yang diinginkan semakin lama juga kerajinan itu selesai dibuat.

Hasil karya-karyanya telah dijual di beberapa daerah di Jawa bahkan sampai di luar Pulau Jawa. Beberapa kota yang pernah menjadi tujuan kerajinan tempurung kelapa ini seperti Riau, Palembang, Jakarta, Bali, Kudus dan sekitarnya. Tiar bersyukur kini ia telah mempunyai pasar untuk penjualan hasil karyanya.

Untuk harga kerajinan ini beragam seperti gantungan kunci yang dipatok dengan harga Rp 2 ribu perbijinya. Tiap bentuk kerajinan mempunyai harga yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh tingkat kesulitan dari pesanan pembeli. Semakin sulit kerajinan yang dipesan makan harganya juga akan semakin tinggi.

Tiar juga melayani pesanan kerajinan batok kelapa melalui intagram Tiar Made. Pembeli juga bisa mengunjungi rumah produksinya di Desa Ngemplak RT 02 RW 01, Gang 2, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2018/02/18/tiar-menyulap-tempurung-kelapa-jadi-aneka-kerajinan-menarik?page=2
Comments
Loading...