Kreasi Kerajinan Berbahan Kertas Di Gorontalo

0 274

Kreasi Kerajinan Berbahan Kertas Di Gorontalo

Sejumlah warga di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, yang tergabung dalam komunitas “Mohuyula Papercraft”, membuat kerajinan tangan berbahan baku kertas dengan berbagai bentuk.

Kharfian Mawikere, ketua Komunitas Mohuyula Papercraft Gorontalo, Sabtu, mengatakan kerajinan tangan tersebut memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

“Selain itu harus teliti, karena detail dari produk harus jelas terlihat,” ia menjelaskan.

Hingga saat ini, komunitas yang beranggotakan 15 orang itu telah membuat berbagai produk, seperti replika robot ikonik transformer, yaitu tokoh Optimus Prime, Gundam, kapal laut serial `anime One Piece`, bangunan, motor vespa serta pesawat terbang.

“Untuk satu model seperti kapal laut “Sunny” serial anime One Piece saja, kami membutuhkan waktu hingga satu bulan untuk mengerjakannya,” ujarnya.

Pembuatan kerajinan tangan berbahan kertas itu dapat menggunakan berbagai jenis kertas, seperti hvs, jasmine hingga glory.

“Dalam proses pembuatannya, membuat pola produk, lalu kita cetak dengan mesin printer, lalu digunting dan dilipat sesuai dengan gambar, dan itu harus dengan tingkat ketelitian yang tinggi agar kertas tidak sobek,” ungkap Kharfian.

Saat ini, kata Kharfian, produk buatan komunitasnya itu belum untuk dijual dan hanya untuk menyalurkan hobi, namun jika ada kolektor ataupun masyarakat yang ingin memesan, mereka akan membuatnya.

“Untuk harga juga kami belum bisa menentukan, karena masih dilihat dari tingkat kesulitan pengerjaannya,” ia menambahkan.

Source https://gorontalo.antaranews.com https://gorontalo.antaranews.com/berita/41370/warga-gorontalo-buat-kerajinan-tangan-berbahan-kertas
Comments
Loading...