Kreasi Kerajinan Boneka Barbie Khas Indonesia Di Jakarta

0 244

Kreasi Kerajinan Boneka Barbie Khas Indonesia Di Jakarta

Kepopuleran boneka barbie sudah mendunia. Berbagai jenis dan bentuk, barbie menjadi mainan favorit bagi banyak anak-anak wanita. Di Indonesia, melalui Batik Girl, boneka dengan kaki jenjang ini hadir dengan berbagai karakter. Kreasi boneka barbie ini dibuat oleh para wanita penghuni lembaga permasyarakatan, atau lapas di empat kota di Indonesia, para pengguna narkoba dan para single parents.Menariknya, boneka barbie ini hadir dengan tampilan wanita Indonesia.

Boneka barbie tersebut didesain dengan berpakaian batik, rambut hitam dan membawa angklung. Tak hanya itu, boneka ini pun hadir dalam bentuk berhijab. Batik girl digagas oleh pendiri yayasan Cinderella From Indonesia center, Lusia Efriani Kiroyan. Lusia menjelaskan, melalui satu boneka yang dibuat akan ditujukan untuk misi kemanusiaan.


“Ada program One Friends One Doll. Nanti uang hasil penjualan akan digunakan untuk amal dan kegiatan sosial. Yang kita bina anak muda narkoba dan juga single parents yang mungkin terpaksa melakukan kejahatan,” papar Lusia Efriani di Kawasan Menteng, Jakarta.

Uniknya, boneka ini tidak diproduksi dengan jenis yang sama. Pasalnya, para pengrajin diminta untuk berkreasi pada boneka yang ada. “Ini juga jadi terapi untuk para pemakai narkoba, jadi mereka terus berkreasi dan lupa mikirin narkoba,” pungkasnya.

Sejak tahun 2014, Batik girl berhasil menghasilkan 1.500 barbie dengan berbagai jenis. Barbie yang dihasilkan tidak hanya di jual di Indonesia, tapi juga Singapura, Malaysia, Amerika dan Australia. Penjualan boneka ini nantinya akan digunakan untuk keberlangsungan program pemberdayaan napi wanita, anak jalanan, penderita HIV AIDS dan juga pemberdayaan wanita yang menjadi single parents.

Source https://lifestyle.sindonews.com https://lifestyle.sindonews.com/read/990439/186/batik-girl-perkenalkan-barbienya-indonesia-1429236193
Comments
Loading...