Kreasi Kerajinan Curug Gentong Di Depok

0 433

Kerajinan Curug Gentong

Hobi sering mendatangkan keuntungan. Rita, misalnya. Bermula dari hobi mengurus dan menata pekarangan, Rita membuat miniatur taman lengkap dengan air mancur atau air yang mengalir di dalam sebuah gentong. Kerajinan tangan Rita dinamai curug gentong. Selain karena hobi, kreasinya juga obat kerinduan pada alam pedesaan.

Nama curug diambil dari bahasa Sunda yang berarti air terjun. Rita mengkalim produknya merupakan yang pertama di Tanah Air. Menurut Rita, nilai jual utama dari produknya yang diminati konsumen adalah suara gemericik air. Gemericik air dan panorama alam membuat jiwa tenang. Untuk kelihatan hidup dan menarik dilengkapi lampu warna warni lima watt.

Pembuatan curug gentong sederhana namun memerlukan keahlian dan ketelitian. Awalnya gentong dilubangi dengan bentuk bermacam-macam. Di dalamnya, setelah dipoles dan dibentuk miniatur taman, diberi lampu kecil dan imitasi tanaman mini. Melalui lubang yang dibobok itu miniatur taman di curug gentong dapat dilihat, termasuk gemercik air yang turun dari tebing.

Kelebihan hasil kreasi Rita adalah dapat dipindah-pindah. Bisa disimpan di ruang tamu, dapur ataupun di kamar. Lantaran itu harga curug gentong lumayan mahal. Tidak heran sebagian konsumen hasil kerajinan tangan Rita adalah kalangan menengah ke atas. Curug gentong yang paling mahal terbuat dari keramik.

Rita bersama sang suami memulai usaha sejak 2003. Saat ini, Rita mempekerjakan empat orang perajin dan memiliki cabang di Cianjur dan Cengkareng. Sedangkan pusatnya di Kompleks Samudra Indonesia A5 Nomor 1 Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Kini Rita sudah menjadi produsen gentong curug yang produknya merambah berbagai kota.

Source Kreasi Kerajinan Curug Gentong Di Depok Kreasi Kerajinan Curug Gentong Di Depok
Comments
Loading...