Kreasi Kerajinan Dari Kayu Pohon Asem Di Banyuwangi

Sejumlah perajin menyelesaikan pembuatan mangkok yang berbahan dasar kayu pada rumah industri "Oesing Craft" di Kelurahan Penganjuran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (24/5). Mangkok yang berbahan dasar kayu asem, mahoni, trembesi yang pernah memperoleh penghargaan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) tersebut mampu memproduksi 800 buah sehari dan telah didistribusikan ke Jepang. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ss/mes/14
0 538

Kerajinan Kayu Pohon Asem

Usaha kerajinan tangan kayu pohon asam sudah di geluti selama tiga tahun silam, Bambang Haryono melihat ada kekhasan unik pada pohon asam. Menggeluti usahanya itu, Bambang lebih mengutamakan pemberdayaan masyarakat Banyuwangi daripada menggunakan tenaga mesin.

Melihat adanya Potensi bagus, akhirnya Bambang Haryono berbekal keinginan yang kuat, Bambang kemudian menjadikan pohon asam sebagai kerajinan tangan, termasuk limbahnya yang dijadikan ornamen furnitur yang berkelas internasional.

“Kayu pohon asam menurut saya unik, seperti memiliki ciri yang khas dan juga tiap potong yang dibuat tidak akan pernah sama. Maka yang banyak minat untuk produksi kayu asam ini Eropa dan Amerika,” kata Bambang yang ditemui di workshop ‘Oesing craft’ miliknya, Di Kelurahan Penganjuran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Kerajinan milik bambang ini beraneka ragam, seperti tablewear, mangkok, guci, tempat makan, dan tempat perhiasan. Dengan Kegigihan Bambang, produk kerajinan asal banyuwangi ini telah beredar ke berbagai negara, seperti Swiss, Belanda, Jerman, Amerika, Jepang, Hong Kong, Singapura, dan Malaysia. Tak heran jika tiap bulan omzet yang didapat mencapai Rp 1 miliar.

Source Kreasi Kerajinan Dari Kayu Pohon Asem Di Banyuwangi Kreasi Kerajinan Dari Kayu Pohon Asem Di Banyuwangi
Comments
Loading...