Kreasi Kerajinan Dari Styrofoam Di Bogor

0 255

Kreasi Kerajinan Dari Styrofoam Di Bogor

Styrofoam dapat menjelma jadi beberapa produk yang dapat menghadirkan keuntungan besar. Potensi pasarnya selalu melar bersamaan maraknya kegiatan promosi korporasi serta keinginan rumah tangga.

Styrofoam jamak kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari kita. Satu diantara faedahnya yang paling popular sbg wadah waktu kita beli makanan untuk dibawa pulang. Dalam beragam perayaan, dekorasi berbahan basic styrofoam sering menyemarakkan situasi. Nah, berangkat dari seni dekorasi inilah, styrofoam dapat menghadirkan tumpukan duit yang cukup tidak tipis untuk mereka yang telaten menguliknya.

Styrofoam memanglah mudah dibentuk serta diukir jadi beragam jenis wujud dekoratif serta bermacam ciri-ciri. Tidak hanya itu, warna basic yang putih bersih mudah disulap jadi benda beragam warna. Walhasil, melalui inspirasi kreatif serta tangan-tangan trampil, tampilan styrofoam dapat beralih jadi benar-benar atraktif. Product selanjutnya dapat berbentuk hiasan dinding dua dimensi sampai beragam ciri-ciri, patung, atau miniatur tiga dimensi (3D).

Karena terkait dengan cita rasa serta selera, harga product akhir itu dapat benar-benar beragam, dari cuma beberapa ribu rupiah sampai beberapa puluh juta rupiah. “Terakhir, kami kerjakan materi iklan Blaster dengan harga Rp 12 juta, ” beber Budiono, pendiri komune Styrofoam Carving Nation yang banyak menggarap kreasi styrofoam untuk kepentingan iklan serta promosi.

Rentang margin keuntungan usaha juga lebar, dari biasa-biasa saja sampai mengagumkan. Ada yang mengaku, margin keuntungannya 40%–50%. Tinggi rendahnya harga serta margin ini benar-benar bergantung tingkat kerumitan design, ukuran, dan mutu bahan baku, serta bahan pendukung lain. “Biasanya, kami berembuk dahulu dengan pemesan agar tahu ekspektasi mereka. Kemudian, kami kalkulasi biayanya, ” tutur Budiono.

Omzet usaha ini pasti bergantung dari nilai kreasi serta kekuatan pelaku menggaet klien atau jual produksinya. JJ Art Design terbilang cukup berhasil menggarap usaha styrofoam ini.

Setiap bln, dengan pesanan lebih kurang 10–15 product per bln., omzetnya rata-rata Rp 20 juta–Rp 27 juta. Maklumlah, JJ Art Design yang beroperasi dari 2007 ini membanderol harga pada Rp 1, 7 juta sampai Rp 2, 5 juta per product. “Saat ini kami kerjakan patung sapi serta logo 3D, ” papar Jeje Rachmat, yang memiliki JJ Art Design, bangga.

Gangsta Styrofoam yang bermarkas di Bogor juga cukup mujur. Dengan konsentrasi bikin hiasan dinding memiliki bahan basic styrofoam, omzet Gangsta rata-rata Rp 9 juta per bln.. “Tiap bln. saya bisa jual lebih kurang 500 hingga 600 item dengan harga Rp 15. 000 per unitnya, ” ungkap Hasman, yang memiliki Gangsta.

Memanglah, besarnya omzet juga bergantung dari market share yang dibidik. Yang pasti, pasar hiasan dari styrofoam ini benar-benar luas, dimulai dari kelompok rumah tangga sampai korporasi besar. Kelompok rumah tangga umum memerlukan product kreatif styrofoam untuk kepentingan hiasan dinding kamar sampai dekorasi pesta keluarga. Adapun, kelompok korporasi memerlukan layanan seni kreasi styrofoam untuk kepentingan promosi atau materi iklan.

Dengan makin banyak korporasi yang gencar berpromosi dengan styrofoam, kesempatan usaha olah kreasi styrofoam lalu semakin besar. JJ Art Design, umpamanya, mengaku terima pesanan untuk perusahaan makanan serta farmasi. Adapun Styrofoam Carving Nation sudah menggarap beberapa iklan perusahaan besar : Axis, Blaster, Silverqueen, serta Milkuat.

Source https://umkmjogja.com https://umkmjogja.com/kretifitas-kerajinan-styrofoam-ringan-barangnya-mantap-keuntunganya.html
Comments
Loading...