Kreasi Kerajinan Daur Ulang Sampah Di Yogyakarta

0 179

Kreasi Kerajinan Daur Ulang Sampah Di Yogyakarta

Ada bros, tas, bunga dan vas sampai boneka. Semua karya ini terbuat dari sampah plastik. Eni Septiawati, di Yogyakarta salah satu perajin. Dia membuat bros. Kreasi ini berawal dari program pengelolaan sampah berbasis kampung digagas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Yogyakarta, kaum perempuan membentuk “Bank Sampah Kampung Kepuh.”

“Dulu sampah tidak ada guna. Kini, kami mengolah jadi berguna,” katanya.

Eni bercerita, dari bank sampah inilah, mereka merintis pengelolaan sampah ramah lingkungan sekaligus ekonomis. Sampah-sampah warga kampung dari gelas, botol, plastik dan lain-lain diterima. “Hampir semua keluarga di kampung menjadi nasabah bank sampah.”

Dari sampah-sampah bank sampah inilah, menjadi bahan kerajinan tangan. “Dulu, dari satu kg plastik botol atau gelas air mineral hanya dibeli pengepul Rp2.000, setelah didaur ulang satu botol plastik bisa dibuat dua karya, dijual Rp5.000,” katanya.

Karya seni ibu-ibu sangat bervariasi. Ada boneka berbaju plastik, tas sekolah, bunga, dompet, dan bros. Konsep pemasaran, selain dibantu BLH Yogyakarta, juga lewat Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPSM). Mereka ikut pameran. Kelompok bank sampah juga aktif mencari pasar sendiri.

“Setiap ada pameran saya setorkan 50 bros, pasti habis. Bagi kami limbah bukan musibah, namun berkah jika mau mengelolanya.”

Eni merasakan sekali dampak positif pengelolaan bank sampah ini. Dari setiap pameran, paling tidak Rp250.000 diperoleh dari bros. Lingkungan kampungpun jadi lebih bersih, sehat dan kesadaran menjaga kesehatan dan kebersihan bersama.

Dia juga mengajarkan keahlian membuat kerajinan ini kepada kelompok perempuan lain. “Ilmu bermanfaat pasti bermanfaat untuk orang lain dan diri kita. Apalagi untuk bersama menanggulangi sampah di Jogja.” Bambang Suwerda juga dosen Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta menjadi konseptor bank sampah juga Ketua Forum Bank Sampah Nasional.

Source http://www.mongabay.co.id/ http://www.mongabay.co.id/2015/09/06/inilah-kreasi-para-perempuan-jogja-meramu-sampah-jadi-berkah/
Comments
Loading...