Kreasi Kerajinan Gaun Boneka Barbie Di Palembang

0 316

Kreasi Kerajinan Gaun Boneka Barbie Di Palembang

Kain perca sering kali men­jadi limbah yang dibuang begitu saja. Di tangan seorang pemuda di Palembang, perca tersebut di­bentuk menjadi gaun boneka barbie yang indah dan menjadi pen­dulang rupiah. Bahkan gaun buat­an tangan ini telah menem­bus pasar di Asia Tenggara.

Boneka barbie identik dengan nu­an­sa Eropa dan Amerika. Tapi ter­nya­ta, boneka barbie yang ber­gaun etnik Indonesia juga can­tik. Di sebuah rumah, seorang pemuda Muklison Sodri yang akrab dipanggil Uki mem­buat kreasi gaun boneka barbie de­ngan pengerjaan secara manual

Siapa sangka kreasinya men­da­­tang­kan pundi rupiah ini dari sisa dari jahitan sang ibunda yang juga seorang penjahit pakaian. Menurut Uki, usaha rumahan ini telah dijalani selama em­pat tahun. Awalnya dia tergerak me­man­­fatkan limbah kain yang ber­se­rakan di rumahnya. Lalu me­nga­sah keteram­pilan membuat gaun boneka dengan belajar oto­didak dari internet. Se­jum­lah kar­ya­nya ternyata banyak disukai ko­lektor boneka barbie yang ingin me­­rubah penampilan boneka bar­bie yang dimiliki.

Proses pembuatanya antara lain kain perca digunting sesuai pola yang ada kemudian dilaku­kan fitting boneka dan dijahit agar kuat. Kemudian ada beberapa bagian yang dijahit secara man­ual untuk merekatkan bagian ga­un. Proses ini membutuhkan fo­kus dan ketelitian agar bisa me­nye­suaikan keinginan pelanggan. Untuk satu gaun dijual mulai harga Rp75 ribu rupiah hingga Rp500 ribu. Selain berbagai kota tanah air, gaun boneka barbie ini juga telah menembus pasar Singapura. Tak heran penda­patan jutaan rupiah bisa digenggam dengan mudah.

“Ide awalnya adalah peman­faa­tan kain percha jadi limbah limbah dari penjahit saya krea­si­kan awalnya dari iseng menjadi bisnis, paling jauh bisa jual sam­pai Singapura,” kata dia.

Sejumlah orang tua kerap me­ng­ajak buah hatinya melihat lang­sung koleksi gaun boneka barbie. Seperti Syafa misalnya yang sa­ngat menyukai boneka barbie de­ngan gaun etnik ini.

“Ke sini Syafa mau cari bone­ka bar­bie karena saya suka se­kali dengan barbie ini untuk bisa ber­main dengan kawan kawan­nya,” kata Syafa.

Selain bisa membeli langsung ke kediamannya, gaun ini juga bisa di­pesan atau membeli gaun boneka barbie melalui media sosial.

Source http://harian.analisadaily.com http://harian.analisadaily.com/kesra/news/gaun-boneka-barbie-dari-kain-perca/322469/2017/02/20
Comments
Loading...