Kreasi Kerajinan Gelang Di Yogyakarta

0 334

Kreasi Kerajinan Gelang Di Yogyakarta

Indonesia memang dikenal dikenal sebagai salah satu negara kreatif penghasil aneka kerajinan. Produk kriya sampai perhiasan dan aksesori etnik serta unik banyak ditemukan di negeri ini. Setahun terakhir tren gelang tali warna-warni nan etnik muncul lagi di masyarakat, khususnya kalangan remaja dan anak muda.

Berkah kegemaran membuat kerajinan tangan unik dirasakan oleh Kartika Yuswadi, pemilik label Semoet Ketjil asal Yogyakarta. Semoet Ketjil berdiri tahun 2008. Ia memulai usaha tersebut dari kegemarannya membuat gelang tali. Kini, ia bisa mengail laba dari hasil kreativitasnya membuat gelang tali.

Beragam motif gelang ditawarkan oleh Semoet Ketjil. Ada yang polos dengan motif lingkaran kecil, ada juga gelang warna-warni, seperti merah dan kuning berselang-seling. “Saya juga menambahkan aksesori yang berbeda-beda biar makin menarik,” terang Kartika.

Tak disangka, produk gelang buatan Kartika dapat diterima masyarakat dan laris manis di pasaran. Produk handmade dipilihnya lantaran ada nilai tambah, yakni pada kelebihan dan kualitasnya sehingga menjadi usaha yang unik dibanding produk lain.

Semoet Ketjil membanderol harga jual aneka gelang mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 500.000 per buah. Harga tersebut tergantung pada bahan dan tingkat kerumitan gelangnya.

Semakin rumit, harganya juga bisa semakin mahal. “Sekarang kapasitas produksi Semoet Ketjil sekitar 1.000 – 1.500-an buah gelang tiap bulan,” papar Kartika. Ia mengaku dapat mengantongi omzet sampai Rp 10 juta per bulan.

Source https://peluangusaha.kontan.co.id/ https://peluangusaha.kontan.co.id/
Comments
Loading...