Kreasi Kerajinan Kardus “Si Kambi” Di Malang

0 328

Kreasi Kerajinan Kardus “Si Kambi” Di Malang

Kreativitas warga Kota Malang dalam mengolah barang bekas memang sangat luar biasa, termasuk apa yang telah dilakukan oleh Eko Srilaksono. Di tangan warga Jl. Mertojoyo Blok I No. 12 Malang ini barang yang semula tidak terpakai bisa diubah menjadi mainan kuda-kudaan bernilai jual tinggi.

Melihat produk hasil karya Eko yang dinamai ‘Si Kambi’ ini tentu orang tidak akan menyangka kalau bahan utama yang dipakai adalah kardus. Pasalnya dengan sentuhan Eko, kardus bekas bisa diubah menjadi kuda-kudaan mainan anak yang bentuknya bermacam-macam seperti singa, kambing, gajah, harimau, dan lain-lain.

Di tangan Eko pula kardus yang biasanya lembek bisa menjadi kuat untuk menahan beban. Mainan kuda-kudaan Si Kambi yang dijual dengan harga mulai Rp. 450.000 sampai dengan Rp. 600.000 ini mampu menahan beban maksimal sampai 200 kilogram.

Eko mengungkapkan sengaja memilih untuk membuat mainan dari kardus karena dinilai bahan utama untuk produksinya ini sangat melimpah, dan pesaingnya masih sedikit serta manfaatnya bagi anak dan keluarga sangat besar. Dengan mainan kuda-kudaan dari kardus ini, orang tua dan anak bisa lebih banyak bermain bersama di rumah.

Proses pembuatan mainan kuda-kudaan dari kardus, Eko mengatakan butuh waktu sekitar tiga sampai empat hari. Di galerinya yang diberi nama ‘Art of Kardus’ ini dia mengaku bisa memproduksi sebanyak 40 buah per bulannya.

“Untuk bisa mendapatkan kuda-kudaan dari kardus buatan kami, pembeli harus memesan dahulu dan baru bisa terlayani satu bulan kemudian. Sampai bulan April 2015 pesanan untuk kami sudah penuh,” kata Eko.

Banyaknya pesanan yang datang, Eko mengaku sampai kewalahan untuk menerima order, dan ini tidak lepas dari keterbatasan tenaga kerja. Sebab pengalaman selama ini, beberapa orang yang dilatihnya kebanyakan tidak sabar dan akhirnya memilih untuk keluar dan tidak melanjutkan pekerjaan.

“Selain dituntut terampil, untuk bisa mengerjakan kuda-kudaan dari kardus dibutuhkan seni yang tinggi, sebab setiap pemesan kuda-kudaan selama ini selalu memerlukan pelayanan yang berbeda,” terang Eko.

Source https://mediacenter.malangkota.go.id https://mediacenter.malangkota.go.id/2015/03/si-kambi-produk-kreatif-dari-kardus-yang-banyak-digemari/
Comments
Loading...