Kreasi Kerajinan Karya Siswa SD Di Gresik

0 266

Kreasi Kerajinan Karya Siswa SD Di Gresik

Bahan-bahan bekas bisa menjadi beragam produk kerajinan di tangan muridmurid SD Muhammadiyah 1 GKB di Jalan Belitung, Gresik Jawa Timur. Karyanya bagus dan berfungsi.

Berbagai karya dipamerkan. Ada dua lampu hias dari sendok plastik bekas. Itu karya siswa kelas IV. Ada kerajinan bunga plastik di pot berbahan koran bekas. Ada juga bunga sakura dari kulit bawang putih. ”Semuanya karya siswa. Nanti dinilai juri,” kata Rusdia Arifani.

Rusdia menyatakan, hasil karya tersebut menjadi salah satu wujud peduli lingkungan. Sampah masih bisa dimanfaatkan lagi. Siswa dituntut kreatif. Namun, memang ada beberapa siswa yang masih didampingi orang tua dalam pembuatan kerajinan sampah daur ulang. Semua hasil kerajinan siswa itu akan menjadi koleksi sekolah. Tujuannya, memberikan apresiasi bagi karya siswanya.

Salah seorang juri Elvi Soraya menyatakan, ada beberapa kriteria penilaian. Selain tampilan, aspek lain yang dinilai adalah fungsi karyanya. ”Misalnya, lampu hias. Walaupun daur ulang, kan tetap bisa berfungsi (menyala, Red),” ujarnya.

Pameran juga diisi berbagai kegiatan. Salah satunya perpaduan musik tradisional dan modern sebagai pembukaan. Selain itu, ada pameran jajanan Nusantara dengan pesertanya wali murid.

Source https://www.pressreader.com https://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20160417/282724816100617
Comments
Loading...