Kreasi Kerajinan Kayu Manis Di Bondowoso

0 259

Kreasi Kerajinan Kayu Manis Di Bondowoso

Seorang perajin asal Bondowoso, Jawa Timur membuat berbagai produk berbahan kayu manis seperti tempat tisu dan kap lampu.

“Orang seni itu kan memang selalu mencari sesuatu yang baru. Ide membuat kerajinan ini muncul saat istri saya membuat minuman, yaitu setup pisang yang baunya harum,” kata Frans Subijakto, seorang perajin.

Ia menjelaskan dari kulit kayu manis yang biasanya digunakan untuk bahan minuman dan masakan khas Arab atau India itu bisa dibuat kerajinan untuk tempat minuman gelas, kap lampu, tempat pensil, tempat sendok atau garpu dan lainnya.

Menurut dia, semua barang kerajinan produksinya selama ini biasa dikirim ke Yogyakarta, Bandung dan Batam. Untuk produksi dari kulit kayu manis memang belum dikenal oleh pembeli langganannya di tiga kota besar tersebut. Ia mengemukakan bahwa kelebihan produknya dari kulit kayu manis ini adalah pada unsur baunya. Apalagi, bau kayu manis ini juga memiliki efek terapis atau yang dikenal dengan aroma terapi.

“Baunya ini tidak akan hilang karena ini kayu manis asli. Kalau kipas dari kayu cendana itu kan banyak yang tidak asli sehingga beberapa bulan saja baunya sudah hilang. Kalau produk saya ini, untuk memunculkan baunya kalau sudah lama, tinggal diampelas sedikt saja sudah muncul lagi,” katanya.

Untuk di tokonya di Bondowoso, ia menjual barang dari kulit kayu manis itu sekitar Rp75.000 dan yang paling mahal kap lampu, yakni Rp300 ribu. Tapi kalau di luar daerah tentu harganya beda,” katanya.

Frans mengakui bahwa barang dari kulit kayu manis ini cenderung lebih mahal karena bahan dasarnya. Dari 1 kg kayu manis, yang bisa dipakai hanya sekitar 6,5 ons, selebihnya rusak karena mudah sekali patah.

Source http://surabaya.bisnis.com http://surabaya.bisnis.com/read/20160225/9/86868/perajin-ini-membuat-berbagai-produk-dari-kayu-manis
Comments
Loading...