Kreasi Kerajinan Kotak Kado Di Cinere

0 196

Kreasi Kerajinan Kotak Kado Di Cinere

Momen istimewa harus dirayakan dengan cara yang istimewa pula. Memberi bingkisan saat hari raya sudah menjadi tradisi bagi sebagian orang. Dulu, kertas kado masih jadi favorit untuk membungkus hadiah agar tampil lebih cantik. Tapi sekarang, orang lebih memilih membungkus bingkisannya dengan kotak khusus. Selain lebih praktis, kado tampak lebih rapi dan menarik. Pelbagai macam ukuran, motif, dan aksesori yang ditawarkan para produsen kotak kado.

Aifan Hu, pemilik usaha pembuatan kotak kado di daerah Cinere, Jawa Barat, mengungkapkan, sejak Agustus lalu, pesanan yang datang terus menanjak.  Di bulan biasa, rata-rata, Aifan bisa melego sekitar 7.500 kotak kado. Tak hanya dari wilayah Jabodetabek, pesanan juga datang dari Jawa dan Sumatra.
Harga jual kotak kado made in Aifan beragam, mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 100.000 per pieces. Tergantung dari bahan baku, desain, ukuran, dan jumlah pemesanan. “Walau permintaan naik tapi harga tetap. Untuk pemesanan di atas 500 kotak, ada potongan harga hingga 25% dibandingkan harga normal,” ujarnya.

Sayang, Aifan enggan menyebut angka pasti omzet penjualan. Namun, kalau dihitung-hitung, dengan angka penjualan 7.500 kotak tiap bulan dan harga rata-rata Rp 20.000, maka ia bisa mengantongi pendapatan mencapai Rp 150 juta.

Pembeli kotak kado buatan Aifan bukan dari kalangan pribadi saja, pesanan yang datang juga banyak dari perusahaan untuk parsel. Sama persis dengan Afian, Lisa Kriswanti, pemilik Kintan Handicraft di Yogyakarta, juga kebanjiran pesanan menjelang Natal dan Tahun Baru. Permintaan yang masuk bisa mencapai 1.000 kota atau naik 100% ketimbang bulan biasa yang cuma 500 pieces saja.

Lisa lebih banyak memasok kotak kado ke toko-toko suvenir di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Tapi, ia terkadang juga melayani pesanan dari Jakarta, Malang, dan Bali. Lisa membanderol harga kotak kado bikinannya sekitar Rp 2.000 hingga Rp 40.000 per pieces.

Banyaknya pemain di ceruk bisnis kotak kado membuat persaingan usaha di sektor ini kian sengit. Untuk menyiasatinya, Aifan yang memulai usaha kotak kado sejak 2007 lalu, terus melahirkan inovasi, baik dari segi motif maupun bahan baku pembuatannya.

Misalnya, ia membuat motif batik sebagai hiasan di dinding kotak. Atau, bahan baku kotak dipadu dengan kain atau wall paper. Jurus lain untuk bersaing, Aifan terus menjaga kualitas produk dan pelayanan terhadap konsumen. “Soal harga juga harus bisa bersaing dengan produk-produk lain,” kata Aifan.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/menjelang-natal-permintaan-kotak-kado-naik-100-1
Comments
Loading...